IBL

Minggu, 19 September 2021, waktu setempat, WNBA resmi menutup seluruh rangkaian musim reguler mereka. WNBA sendiri sudah memulai musim 2021 sejak 14 Mei lalu. Sempat terpotong gelaran Olimpiade 2020 Tokyo, setiap tim WNBA total bermain 32 gim dalam satu musim. Total tim yang berlaga adalah 12 yang dibagi menjadi dua wilayah, timur dan barat.

Berbeda dari musim-musim sebelumnya, WNBA musim ini sempat mengadakan WNBA Commissioner’s Cup. Awalnya, turnamen di tengah musim reguler ini rencananya debut pada 2020. Namun, karena musim 2020 terganggu pandemi dan digelar dengan sistem “gelembung”, maka debut turnamen dimulai musim ini. Seattle Storm keluar sebagai juara turnamen ini usai mengalahkan Connecticut Sun.

Untuk playoff, WNBA memiliki format yang berbeda dengan NBA. WNBA menghapuskan konsep wilayah untuk playoff. Delapan dari 12 tim yang lolos ke playoff akan langsung bertarung tanpa memandang asal wilayah mereka. Dua tim teratas mendapatkan keistimewaan untuk langsung lolos ke semifinal.

Peringkat 3 dan 4 langsung lolos ke ronde kedua sementara empat tim lainnya bertanding di ronde pertama. Dua ronde pertama playoff akan digelar dengan format satu gim (single game elimination). Semifinal dan final menggunakan sistem lima gim. Playoff WNBA akan dimulai pada Kamis, 23 September 2021, waktu setempat. Berikut bagan lengkap playoff WNBA 2021. (DRMK)

Foto: WNBA

Komentar