IBL

Kuota delapan tim ke playoff WNBA 2022 sudah terpenuhi. Dua tim terakhir yang memastikan diri adalah Phoenix Mercury dan New York Liberty. Pertandingan playoff akan dimulai pada Rabu (17/8) mendatang waktu setempat atau Kamis WIB.

Playoff WNBA ini akan menggunakan format tiga gim (best of three). Kemudian laga semifinal dan final berlangsung dengan format lima gim (best of five).

Untuk enam tim lain sudah memastikan daftar unggulan. Dimulai dari yang teratas adalah Las Vegas Aces, Chicago Sky, Connecticut Sun, Seattle Storm, Washington Mystics, dan Dallas Wings.

Gim terakhir di musim reguler membawa perubahan pada daftar unggulan. Aces merebut posisi pertama setelah mengalahkan Seattle Storm 109-100 pada Minggu (14/8) waktu setempat dan menggeser posisi Sky. Pada playoff Kamis mendatang, Aces akan melawan Mercury.

Bagi Mercury ini menjadi musim kesepuluh mereka secara beruntun ke playoff. Kekalahan 82-67 atas Sky (14/8) itu membuat Mercury menjadi unggulan kedelapan. Capaian yang cukup melegakan bagi Mercury dimana musim ini mereka tidak diperkuat oleh Brittney Griner dan berpisah dengan Tina Charles di tengah musim. Lalu dalam pekan terakhir musim reguler Diana Taurasi dan Skylar Diggins-Smith.

Sebelum gim terakhir musim reguler, Mercury memang sudah mengunci tiket terlebih dahulu. Hal itu terjadi setelah kekalahan Minnesota Lynx dari Sun. Mercury menutup musim reguler dengan rekor 15-21.

Disisi lain Liberty berhasil mengalahkan Atlanta Dream 87-83 dan membuatnya menjadi unggulan ketujuh. Liberty menyelesaikan musim dengan rekor 16-20. Membuat Dream tersingkir dari perebutan playoff. Selanjutnya Liberty akan melawan Sky pada gim pertama playoff.

Sementara itu perpisahan Sylvia Fowles terjadi lebih cepat. Ini menjadi musim terakhirnya. Lynx tersingkir dari persaingan. Mereka berakhir di posisi kesembilan. Lynx kalah 83-90 dari Sun. Kemudian tim lain yang tidak lolos adalah Los Angeles Sparks dan Indiana Fever di dua terbawah klasemen. (rag)

Foto: WNBA

Komentar