IBL

Setelah menerima pendaftaran empat klub baru, di mana satu klub kemudian mengundurkan diri. IBL kembali membuka pendaftaran gelombang kedua untuk kandidat klub baru peserta Kompetisi IBL 2022. 

Empat pendaftar pertama adalah Rans Basketball, Louvre, Evos dan konsorsium dari Semarang, namun nama terakhir mengundurkan diri.

“Situasi pandemi berdampak pada mundurnya konsorsium dari Semarang tersebut, namun dua kandidat klub baru lagi sudah mendaftarkan diri setelah IBL membuka gelombang kedua pendaftaran,” terang Direktur IBL, Junas Miradiasyah.

Dua kandidat klub baru tersebut adalah Hawks yang selama ini dikenal bermarkas di kawasan Serpong, Tangerang Selatan dan sebuah klub dari Pontianak Kalimantan Barat.

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk semakin menyemarakkan kompetisi selain memang klub-klub tersebut melihat potensi besar dari IBL bagi mereka untuk berkembang secara professional,” ujar Junas.

Sama seperti pada gelombang pertama, dua klub baru ini akan melakukan work shop bersama IBL. Mereka juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan oleh IBL seperti rekomendasi dari Perbasi serta badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas.

Verifikasi pun akan dilakukan oleh IBL untuk menentukan apakah klub-klub baru tersebut layak dan memenuhi syarat untuk bergabung dalam kompetisi level tertinggi di Indonesia ini.

“Kita berikan kesempatan pada kedua kandidat baru untuk melengkapi dokumen persyaratan yang ditetapkan dalam masa verifikasi tahap 1, tengat waktunya adalah 14 agustus," kata Rufiana dari tim verifikasi IBL.

Periode verifikasi kandidat klub anggota IBL adalah 9-31 Agustus. "Dalam proses verifikasi ini ada tahapan dimana setiap kandidat klub peserta, harus mempersiapkan presentasi yang menjabarkan visi misi dan business plan selama 5 tahun kedepan” tambah Rufiana.

Selain presentasi, dokumen-dokumen persyaratan juga akan diverifikasi oleh IBL. Musim lalu, IBL kedatangan West Bandits Solo dan Bali United Basketball. Seiring keikutsertaan Indonesia Patriots, musim lalu peserta IBL ada 12 tim. 

Foto: IBL

Komentar