IBL

Karena pandemi Covid-19 berangsur-angsur reda, maka beberapa arena di NBA sudah ramai penonton. Termasuk Wells Fargo Center, markas dari tim Philadelphia 76ers. Sejak liga dimulai bulan Desember lalu, Sixers belum pernah didukung ribuan penonton. Namun di laga perdana Playoff NBA 2021, ada 50 persen kursi penonton yang terisi. Itu membuat kepala pelatih Doc Rivers kagum dengan pendukung timnya.

Bulan lalu, Sixers hanya mengizinkan media dan berapa staf menyaksikan secara langsung. Tetapi pembatasan itu berangsur-angsur hilang, dan saat playoff dimulai, pemerintah Philadelphia mengizinkan pengelola Wells Fargo Center mengisi 50 persen kursi penonton.

Kehadiran penonton yang lebih banyak jadi keuntungan tersendiri bagi tuan rumah. Karena mereka bisa memberi energi untuk Sixers saat berhadan dengan Washington Wizards di Gim 1 Playoff NBA 2021. Sekaligus, mereka membantu Sixers mempertahankan repurasi yang baik di kandang sendiri.

Keriuhan penonton membuat Doc Rivers tidak percaya kalau kapasitas kursi hanya dibatasi 50 persen. "Saya tidak percaya itu hanya 10 ribu atau 11 ribu penonton. Tidak mungkin. Karena rasanya seperti 30 ribu penonton di tribun," kata Rivers, dikutip dari Sports Illustrated.

Doc Rivers membeberkan betapa pentingnya peran penonton di laga kandang. Ibaratnya, penonton bisa memberi sengatan saat performa para pemain menurun.

"Mereka luar biasa. Mari saya jelaskan. Kami turun di awal kuarter kedua dan awal kuarter ketiga. Tetapi mereka berhasil membangkitkan kami. Penonton memberi energi bagi kami. Mereka luar biasa, karena tidak pernah lelah memberi dukungan. Saya orang-orang tahu betapa pentingnya hal itu bagi sebuah tim," jelasnya.

Baca juga: Sixers Tunjukkan Keperkasaan di Hadapan Wizards

Meski tidak spesifik secara jumlah, namun penonton sudah menjadi salah satu faktor penting ketika Sixers menang 125-118 atas Wizards. Kemenangan tersebut membuat mereka unggul 1-0. Untuk Gim 2 Sixers Vs. Wizards masih tetap digelar di Wells Fargo Center, pada Rabu malam, waktu Amerika Serikat. Setelah itu, pertandingan akan bergeser ke Washington DC. (tor)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar