IBL

Buddy Hield akhir-akhir ini sering berulah sebagai bentuk ketidakpuasannya dengan tim Sacramento Kings. Terbaru Hield dilaporkan tidak membalas panggilan kepala pelatih Luke Walton. Justru Hield memberi sinyal bahwa dirinya ingin ikut Doc Rivers ke Philadelphia 76ers.

Buddy Hield datang ke Sacramento Kings pada tahun 2017 bersama Tyreke Evans dan Langston Galloway, sebagai bagian dari perdagangan dengan New Orleans Pelicans yang melibatkan DeMarcus Cousins dan Omri Casspi. Saat itu, Kings dipimpin oleh David Joerger. Ternyata hubungan keduanya, Hield dan Joerger, tidak harmonis.. Hield menyatakan tidak puas dengan kepemimpinan Joerger di lapangan.

Joerger dipecat pada 11 April 2019, setelah gagal membawa Kings lolos playoff dalam tiga musim kepemimpinannya. Padahal di musim 2018-2019, Joerger membuat Kings mencetak rekor 39-43, yang jadi catatan terbaik sejak musim 2005-2006. Sebagai gantinya, Kings mendatangkan Luke Walton pada 14 April 2019, atau dua hari setelah dirinya berpisah dengan Los Angeles Lakers.

Walton mampu membawa Kings menang 31 kali dari total 72 gim. Sayangnya, mereka gagal lolos playoff. Namun prestasi Walton tidak membuat Hield senang. Karena, Walton menempatkan Hield dalam daftar pemain cadangan. Hield tampil 44 kali sebagai pemain inti, dan sisanya dari bangku cadangan. Ini membuat Hield kurang nyaman.

Menurut Jason Jones dari The Athletic, Hield mengabaikan panggilan dari Walton selama liburan. Saat Kings ingin mengadakan kamp pelatihan, Hield tampaknya tidak berniat mengikutinya. Kabarnya, bukan hanya Hield yang tidak menjawab panggilan Walton. Brandon Rosenthal sebagai agen Hield juga melakukan hal serupa.

Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari klub, maupun dari pihak Buddy Hield. Padahal, pemain berusia 27 tahun itu menandatangani kontrak empat tahun senilai AS$94 juta dengan Kings di awal musim 2019-2020. Hield musim ini mencetak rata-rata 19,2 poin, 4,6 rebound, 3,0 asis per gim dengan akurasi tembakan 42,9 persen. Hield tetap mampu membuat kontribusi besar meski sebagian besar muncul sebagai pemain keenam.

Kings saat ini sedang dalam situasi yang sulit. Mereka sudah absen dari persaingan playoff NBA sejak tahun 2006. Vlade Divac sebagai manajer tim mengundurkan diri setelah lima tahun memimpin. Sekarang ditambah dengan masalah baru dari Buddy Hield.

Sebetulnya ada yang menarik dari kasus ini. Hield yang merasa tidak puas dengan kepemimpinan Luke Walton, justru semakin panas setelah dirinya dikaitkan dengan Philadelphia 76ers. Bulan lalu, beberapa media olahraga Amerika Serikat menempatkan Hield sebagai pemain yang berpotensial mengisi roster Sixers, bersama Joel Embiid dan Ben Simmons. Hield menunjukkan reaksi positif dengan menyukai unggahan foto Instagram yang menunjukkan bahwa Sixers tertarik mendatangkannya untuk musim depan.

Beberapa hari lalu, Doc Rivers dipilih sebagai nakhoda baru Sixers. Dia mengatakan bahwa Sixers kekurangan pemain yang beroperasi di area perimeter. Tampaknya kabar tersebut memicu Hield untuk membuat ulah di Kings. Tujuannya agar dirinya bisa dijual ke Sixers untuk menyusul Doc Rivers. (tor)

Foto: section215.com

Komentar