IBL

NBA musim 2020-2021 dimulai 22 Desember nanti. Para pemain langsung melakukan persiapan, termasuk bintang muda Philadelphia 76ers, Ben Simmons. Dia tetap fokus pemulihan cedera agar bisa bermain di bulan Desember nanti, meski berada di tengah rumor pertukaran pemain.

Sixerss memecat Brett Brown setelah gagal di putaran pertama Playoff NBA 2020. Sebagai gantinya, manajemen Sixers memilih Doc Rivers, yang sebelumnya melatih LA Clippers. Kemudian, Darryl Morey, mantan manajer Houston Rockets, kini bertugas sebagai kepala operasi bola basket mulai pekan lalu. Segera setelah kedatangan Morey, rumor tentang pertukaran James Harden menyebar.

Baca Juga: Philadelphia 76ers Siap Kejar Pertukaran untuk James Harden

Pada hari pertama Morey bekerja, 2 November lalu, dia langsung menyebut Joel Embiid sebagai pemain yang bisa membawa tim meraih gelar juara liga.

"Joel adalah pemain yang bisa membuat tim juara," kata Morey, seperti dikutip dari The Press of Atlantic City. "Saya dulu pernah ditanya, 'Apa yang akan saya lakukan bila saya punya Shaq (Shaquille O'Neal)?'. Saya jawab, saya akan memberinya bola 100 kali di pertandingan. Joel adalah bigman yang dominan. Saya senang dia ada di tim kami."

Penyataan Morey membuat Embiid lebih tenang melakukan persiapan. Tetapi justru tidak bagus untuk Ben Simmons. Sebab kini dirinya sedang dikaitkan dengan pertukaran pemain. Simmons dibanding-bandingkan dengan James Harden.

Dan Roche dari NBC Sports menulis bahwa Simmons dan Harden sama baiknya dalam mencetak poin. Mereka juga mampu menjadi fasilitator utama di tim. Simmons mencetak 8,0 asis per gim musim lalu, dan Harden mengirim 7,5 asis per gim. Tetapi Harden lebih unggul dalam hal ketajaman tembakan. Dia memiliki kemampuan untuk melepaskan tembakan dari mana saja.

Rumor itu memanas ketika Shams Charania dari ESPN melaporkan bahwa Sixers tertarik merekrut James Harden yang punya sejarah panjang bersama Daryl Morey. Dari sisi Rockets, New York Times melansir berita bahwa kepala pelatih baru Rockets, Stephen Silas, yang menggantikan Mike D'Antoni bukan orang yang disukai Harden. Ini bisa membuat hubungan keduanya tidak bagus.

Di tengah rumor pertukaran pemain, Simmons memilih untuk memulihkan kondisinya. Dia sekarang berada di Los Angeles, menjalani terapi untuk cedera lutut yang didapatnya musim lalu. Dia cedera di tengah-tengah "seeding games" di Orlando. Cedera tersebut membuatnya mengakhiri musim lebih cepat, dan membiarkan Embiid berjuang sendirian di playoff putaran pertama menghadapi Boston Celtics. Hasilnya, Sixers kalah 0-4 di playoff.

Satu-satunya pernyataan yang menenangkan adalah dari Doc Rivers, pelatih baru Sixers. Dirinya percaya bahwa duet Simmons-Embiid masih belum tampil maksimal.

"Mereka bukannya tidak bisa menang. Tapi mereka belum menang. Saya yakin mereka bisa menang," kata Doc Rivers, dikutip dari Fox Sports. (tor)

Foto: Instagram @bensimmons

Komentar