IBL

Sebelum memulai pemusatan latihan, NBA lebih dahulu menggelar media day. Di hari ini, seluruh tim melakukan sesi foto dan bertemu rekan media untuk sesi tanya-jawab. Salah satu tim yang paling mendapatkan sorotan di media day kali ini tentu saja Philadelphia 76ers. Hal ini terkait dengan situasi mereka dalam menangani permintaan pertukaran yang ia ajukan.

Wartawan sempat berjumpa dengan Daryl Morey dan Doc Rivers untuk bertanya mengenai hal ini. Namun, Doc tampak sangat defensive atas pertanyaan tersebut. Wartawan pun mencoba mencari pendapat lain dari bintang Sixers, Joel Embiid. Menariknya, Joel pun menjawab situasi ini dengan santai namun cukup serius.

“Saya mungkin akan bilang saya kecewa,” buka Joel atas pertanyaan apa yang akan ia sampaikan kepada Ben jika keduanya duduk bersama sekarang. “Saya kecewa karena jelas kita sudah punya segalanya untuk menjadi kekuatan besar di NBA. Namun, melihat semua yang terjadi belakangan ini, melalui media, melalui twitter, dan segalanya yang berkembang, ini benar-benar mengecewakan.”

“Saya ingin ia melihat gambaran besarnya, lihat apa sudah kita lakukan sejauh ini. Memang kita belum meraih apa-apa, tetapi memang kami semua harus berupaya menjadi lebih baik, termasuk saya. Namun, sekali lagi, dalam beberapa musim terakhir, kami sangat dominan, kami bermain sangat baik, kami tahu bahwa semua ini bekerja dengan tepat,” imbuhnya.

“Sekarang seharusnya waktunya kami untuk naik tingkat. Semua pemain harus berusaha bermain memenuhi potensi terbaiknya. Entah saya, Ben, Tobias (Harris), Shake (Milton), Matisse Thybulle, semuanya. Semuanya harus fokus dan berusaha sekuat tenaga. Untuk menjadi seorang pemenang memang sulit, tapi kita sudah cukup dekat dengan itu. Kita kalah di ronde kedua, gim tujuh, kondisi yang sulit, utamanya secara mental. Akan tetapi, saya siap menjadi lebih baik untuk kembali ke sana, naik tingkat,” tutupnya.

Joel sejauh ini adalah satu-satunya sosok di Sixers yang tidak berusaha “berbicara manis” tentang Ben dalam situasi ini. Ia sangat jujur atas rasa kecewanya di samping juga bicara realita bahwa seluruh pemain harus menjadi lebih baik. Hal ini cukup berbeda dengan Matisse yang sebelumnya di siniar The Oldman and The Three berbicara seolah publik harusnya juga menyalahkan dirinya atas kekalahan di gim tujuh atas Atlanta Hawks, bukan kepada Ben semata.

Drama Ben dan Sixers tampaknya masih jauh dari mendekati akhir. Bahkan, ucapan Joel bisa jadi akan semakin memperpanjang babak perjalanan cerita ini. Satu hal yang berbahaya adalah jika manajemen Sixers tak menjaga komunikasi mereka dengan para pemain lain. Tekanan dan sorotan akan terus menghampiri para pemain Sixers dan bisa mengancam potensi mereka untuk menguasai Wilayah Timur bahkan NBA. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar