IBL

Philadelphia 76ers punya seragam hitam yang ikonik di era tahun 2000-an. Seragam tersebut sangat terkenal ketika dipakai oleh Allen Iverson, terutama selama pertandingan playoff NBA 2001. Tetapi warna ini belakangan tidak pernah dipakai lagi. Akhinya, Sixers memutuskan untuk membuat seragam berwarna hitam lagi setelah terakhir dibuat tahun 2009.

Selain identik dengan Allen Iverson, ternyata Ben Simmons juga punya cerita menarik dengan seragam hitam Sixers. Saat pertama kali menjadi ruki Sixers, Simmons meminta manajemen tim membuat lagi seragam berwarna hitam. Pada tahun 2017, dia mengunggah sebuah cuitan di twitter tentang seragam hitam. Pendukung Sixers mendukung ide Simmons tersebut. Tetapi presiden Sixers, Chris Heck berkata lain. Dia mau membuat seragam hitam lagi asalkan Simmons bisa memenangkan gelar Rookie of the Year 2017-2018.

Simmons membuktikan keseriusannya dengan memenangkan gelar tersebut. Sayangnya, Heck tidak memenuhi janjinya. Bahkan hingga dua musim berlalu. Heck baru-baru ini diingatkan penggemar tentang janjinya terhadap Simmons. Heck menerima ejekan dari penggemar yang mengatakan bahwa dirinya presiden pembohong. Akhirnya, Heck memutuskan untuk membuat seragam hitam untuk musim 2020-2021. Sebagai permintaan maaf, Simmons dilibatkan dalam proses pembuatan seragam hitam yang baru ini.

"Tumbuh di Australia, saya selalu ingat Allen Iverson dengan seragam hitamnya," kata Simmons, dikutip dari phillyvoice.com. "Saya beruntung bisa ikut dalam merancang seragam baru ini setelah hampir satu dekade tidak pernah dibuat lagi."

Seragam hitam Sixers terakhir muncul pada tahun 2009. Sejak saat itu, warna hitam tidak pernah dipakai lagi. Sixers memang tidak membuatnya sama persis, tetapi ada beberapa perubahan yang ditampilkan, agar ada kesan moderen. Kali ini, Sixers mengambil inspirasi dari suasana malam Boathouse Rov di sepanjang sungai Schuylkill. Di bawah nomor dada yang besar, terdapat grafis berwarna putih yang menunjukkan lampu-lampu rumah saat malam hari. Grafis rumah tersebut melingkar dari depan hingga belakang. Di bawahnya ada tulisan "Philadelphia" berwarna putih. Untuk mempercantik tampilan jersei tersebut, disematkan garis merah dan biru khas Sixers.

"Tahun ini kami merayakan sejarah klub dengan meluncurkan seragam hitam lagi," kata Chris Heck, presiden Sixers. "Kami senang bisa bercerita tentang sejarah sekaligus kota kami tercinta."

Tidak hanya seragam baru, Well Fargo Center, rumah Sixers, rencananya juga dicat dengan warna hitam di tepi lapangan dan bawah ring. Sementara di garis tepi terdapat warna merah dan biru. (tor)

Foto: Sixers.com

Komentar