IBL

Bukan rahasia lagi bila pelatih dalam klub olahraga selalu didampingi orang-orang kepercayaannya. Termasuk di basket profesional. Ketika sudah satu visi, maka pelatih dan asistennya bisa bersama dalam waktu lama. Bahkan sampai berpindah-pindah tim. Cerita tersebut kini melibatkan Sacramento Kings dan New Orleans Pelicans.

Tiga minggu lalu, Kings mengumumkan bahwa Luke Walton akan didampingi oleh Alvin Gentry sebagai Associate Head Coach. Gentry baru saja meninggalkan Pelicans setelah gagal lolos di Playoff 2020. Gentry menangani Pelicans selama lima musim. Keberadaan Gentry di Kings bisa membantu Walton menentukan keputusan yang tepat dalam hal strategi permainan di lapangan.

Baca Juga: Alvin Gentry Jadi Associate Head Coach Sacramento Kings

Tetapi sebaliknya, kali ini staf pelatih Kings dikabarkan pindah ke Pelicans. Dia adalah asisten pelatih Bob Beyer. Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, Beyer pindah ke Pelicans karena tim tersebut baru saja menunjuk Stan Van Gundy sebagai kepala pelatih baru. Ternyata Beyer pernah menjadi asisten Van Gundy di Orlando Magic (2007 hingga 2012), dan Detroit Pistons (2014-2018).

Saat Van Gundy tidak menjabat sebagai kepala pelatih tim NBA, Beyer bekerja di klub lain. Beyer pernah menjadi asisten pelatih di Golden State Warriors (2012-2013), Charlotte Bobcats (2013-2014), dan terakhir di Kings (2019-2020). Ketika Van Gundy kembali dipercaya menangani tim, maka Beyer juga ikut bergabung dengannya.

Baca Juga: Stan Van Gundy Jadi Pelatih Pelicans Setelah Dua Musim Absen dari NBA

Bagi Pelicans, merekrut Beyer mungkin jadi salah satu cara membuat Van Gundy semakin nyaman bekerja dengan klub tersebut. Sebaliknya, bagi Kings, mereka harus mencari satu asisten pelatih lagi yang membantu Luke Walton. Belum diputuskan, apakah menaikkan jabatan asisten pengembangan pemain jadi asisten pelatih, atau menarik orang dari luar untuk dijadikan asisten Walton. (tor)

Foto: nola.com

Komentar