IBL

Sacramento Kings memang gagal lolos ke NBA Playoff 2019. Namun, perjalanan mereka musim ini bak oase di padang pasir bagi seluruh penggemarnya. Bagaimana tidak, tim yang terus menerus menempati peringkat di area belasan sejak 2006-2007, musim lalu berhasil menunjukkan peningkatan signifikan. Di bawah asuhan Dave Joerger, Kings finis di urutan kesembilan, bahkan mereka sempat bersaing untuk lolos ke playoff.

Namun, catatan positif di atas ternyata tak cukup membuat manajemen Kings berkesan. Melalui manajer umum mereka, Vlade Divac, Kings memutus kerja sama mereka dengan Joerger, beberapa waktu setelah musim mereka berakhir. Setelahnya, Divac memutuskan untuk mengangkat Kepala Pelatih Lakers musim ini, Luke Walton, untuk mengggantikan Joerger.

Sekitar satu bulan setelah resmi menjadi Kepala Pelatih Kings, Luke akhirnya melakukan pergerakan. Dilansir oleh The Athletic, gerakan pertama Luke adalah merombak jajaran tim pelatih miliknya. Dikabarkan, pelatih yang juga mantan pemain Lakers tersebut sudah resmi memasukkan empat nama baru dalam jajaran tim pelatihnya. Empat nama tersebut adalah Bob Beyer, Jesse Mermuys, Roy Rana, dan Bobby Jackson.

Bob adalah nama paling berpengalaman di grup baru ini. Ia memulai karir kepelatihannya sejak musim 1983-1984 di level kampus. Ia menjadi asisten pelatih di Alfred University. Karirnya di NBA dimulai pada 2003-2004 kala menjadi asisten pelatih di Toronto Raptors. Setelahnya, ia berpindah ke lima tim NBA lainnya. Musim ini, ia menjadi asisten pelatih Oklahoma City Thunder.

Jesse juga orang yang cukup berpengalaman meski masih berusia 38 tahun. Ia memulai karir NBA bersama Denver Nuggets pada tahun 2008. Kala itu, ia bertindak sebagai asisten koordinator video. Pada tahun 2013, Jesse berpindah ke Toronto Raptors untuk menjadi asisten pelatih Dwane Casey. Dianggap cukup bagus, dua musim berselang ia didapuk mejadi Kepala Pelatih sekaligus manajer umum tim G League Raptors, Raptors 905. Sejak 2016, ia menjadi asisten pelatih Lakers bersamaan dengan kedatangan Luke.

Dari empat nama tersebut, Roy Rana menjadi satu-satunya nama yang berasal dari luar Amerika Serikat Ya, Roy adalah pelatih asal Kanada yang membawa tim nasional Kanada U-19 menjadi juara Piala Dunia U-19 2017 lalu. Selain itu, ia juga sempat menjadi pelatih tamu dalam rangkaian NBA Summer League. Ia tercatat dua kali mendapatk kesempatan itu. Bersama Utah Jazz di tahun 2014 dan San Antonio Spurs setahun setelahnya.

Nama terkahir adalah Bobby Jackson. Jika Anda adalah penggemar Kings di awal 2000-an, Anda tentu tidak asing dengan nama ini. Ya, Bobby adalah mantan pemain NBA yang tercatat bermain selama 13 musim bersama enam tim berbeda. Ia juga pernah meraih gelar Sixthman of the Year di musim 2002-20003, saat membela Kings. Di tim kepelatihan Luke, Bobby akan berfungsi sebagai pelatih pengembangan pemain.

Seiring keberhasilan mereka musim ini dan perkembangan para pemain, ekspektasi tinggi akan menghampiri tim ini. Jika musim lalu hanya berupaya memperbaiki diri dari gim ke gim, rasanya musim ini target Kings akan bergeser menjadi tim playoff. Menarik menunggu bagaimana tim ini akan berkembang di bawah Luke Walton. (DRMK)

Foto: NBA  

 

Komentar