IBL

Doc Rivers sukses membuat Philadelphia 76ers mencetak tiga kemenangan dari empat pertandingan di awal musim. Dia mampu memaksimalkan duet Ben Simmons dan Joel Embiid untuk membawa Sixers bersaing di papan atas klasemen Wilayah Timur. Tapi ada yang tidak bisa diubah oleh Rivers, yaitu akurasi tembakan jarak jauh Ben Simmons. Soal itu, mertua Seth Curry tersebut tampaknya tenang-tenang saja.

Dari data basketball-reference.com, statistik Ben Simmons selama empat pertandingan di awal musim adalah 14,3 poin, 8,3 rebound, dan 7,9 asis per laga. Tetapi yang menarik adalah Simmons sama sekali tidak mencetak tripoin. Jangankan mencetak, Simmons tidak pernah mencoba sekali pun, menembak dari luar garis tripoin. Faktanya, dalam tiga musim sebelumnya (2017-2020), Simmons hanya mencetak 2 dari 24 percobaan tripoin.

Penggemar Sixers tentu tak terkejut dengan fakta ini. Karena kritik mengenai tripoin Simmons sudah jadi pembicaraan tahunan di media-media Amerika Serikat. Sebenarnya, Simmons bisa saja membuat perubahan permainan. Mengingat Daryl Morey sebagai presiden bola basket Sixers sangat menyukai tim yang bermain mengandalkan akurasi tembakan jarak jauh. Tetapi pandangan kepala pelatih Doc Rivers tampaknya berbeda dengan kebiasaan Morey.

Ditanya soal masalah Ben Simmons, Rivers justru terkesan masa bodoh. Sebab, bukan itu tugas yang dibebankan untuk Simmons.

"Saya tidak peduli," kata Rivers, dikutip dari USA Today. "Saya akan membiarkan pembicaraan yang tidak bermanfaat tentang apa yang memang tidak dilakukan oleh Ben. Saya hanya ingin Ben terus membuat pertahanan kami lebih kuat, membuat serangan tim mengalir, dan membawa tim kami menang."

Rivers tidak mau lagi terjebak dengan keindahan permainan. Dia hanya ingin menang, dengan caranya sendiri. Dia tidak ingin dapat pujian tentang permainan cantik tetapi timnya kalah. Rivers juga tidak peduli ketika pemain Sixers hanya mencetak delapan tripoin saat mereka menundukkan Toronto Raptors.

"Saya ingin menang," terang Rivers. "Seseorang mengajarkan kepada saya bahwa sebuah tim bisa tetap memenangkan pertandingan selama tidak berpikir tentang siapa pemain yang mencetak poin. Sebagai pelatih, harus percaya pada semua pemain."

Mantan pelatih Sixers, Brett Brown sempat berujar bahwa dirinya ingin melihat Simmons mencetak tripoin suatu saat nanti. Pernyataan tersebut tampaknya berkebalikan dengan kemauan Doc Rivers. Dia hanya ingin Simmons bermain sesuai kemampuannya. Simmons harus bisa membawa timnya menang. Doc Rivers tidak peduli tentang tembakan tripoin dari Simmons. Sebab, ada Danny Green dan Seth Curry yang bisa diandalkan untuk tembakan jarak jauh. Jadi bila ada kritikan mengenai akurasi tembakan Ben Simmons, Doc Rivers memilih cuek. (tor)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar