IBL

Portland Trail Blazers menang 106-101 atas Los Angeles Lakers di Moda Center, Jumat malam, waktu setempat. Hasil ini membuat mereka unggul head-to-head atas juara bertahan, sekaligus mengambil alih peringkat keenam klasemen sementara Wilayah Barat. Sebaliknya, dua kali kalah dalam dua hari terakhir membuat Lakers terpuruk. Kalau ada rekor pertandingan yang sama sampai akhir musim nanti, maka Trail Blazers yang berhak ada di atas Lakers.

Damian Lillard mencetak 38 poin dengan akurasi tripoin 5/9. CJ McCollum menambahkan 21 poin. Pada pertengahan kuarter keempat, Lillard dan McCollum sama-sama memasukkan dua tembakan tripoin yang membuat Blazers unggul 100-90. Sejak saat itu, Lakers tidak bisa menyusul sampai buzzer berbunyi.

Norman Powell menyumbang 19 poin. Kemudian ada dua pemain yang beroperasi di paint area bisa mencetak dobel-dobel. Jusuf Nurkic menyumbang 10 poin dan 13 rebound, sedangkan Enes Kanter mencetak 10 poin dan 10 rebound. Meski sempat sengit di babak kedua, tetapi Blazers sebenarnya mampu unggul 14 poin di menit akhir babak pertama.

Lakers kali ini mendapatkan 36 poin, 12 rebound, dan 5 asis dari Anthony Davis. Pemain yang diragukan tampil, setelah mengalami insiden yang menyebabkan pergelangan kakinya cedera. Tetapi Davis bisa kembali bermain dan menjadi top skor. Sayangnya perfroma impresif Davis tidak bisa menyelamatkan Lakers. Alex Caruso yang didapuk menggantikan Dennis Schroder juga mencetak 18 pon, disusul Kentavious Caldwell-Pope dengan kontribusi 17 poin.

Hanya enam unggulan teratas dari setiap konferensi yang maju ke playoff putaran pertama secara otomatis. Sementara tim yang berada di peringkat 7 sampai 10 akan bertanding dalam turnamen play-in pada 18 Mei mendatang, yang menggunakan sistem gugur.

Lakers sudah menderita delapan kekalahan dalam 10 pertandingan terakhir. Termasuk dua kali kalah berturut-turut dalam dua hari terakhir. Situasi semakin berat ketika Lakers harus bermain tanpa LeBron James dan Dennis Schroder. Kondisi tersebut membuat Lakers tersungkur di zona turnamen play-in bersama Golden State Warriors, Memphis Grizzlies, dan San Antonio Spurs.

Berikutnya, Blazers dan Lakers akan tampil di rumah masing-masing. Blazers rencananya bertemu San Antonio Spurs dan Houston Rockets. Sedangkan Lakers akan bertanding melawan Phoenix Suns lusa. (tor)

Foto: Detroit Free Press

 

Komentar