IBL

LaMelo Ball sudah kembali melantai. Rookie of the Year 2021 itu tampil saat Charlotte Hornets kalah 99-135 dari San Antonio Spurs. Dalam pertandingan tersebut, LaMelo juga diizinkan untuk menunjukkan tatonya.

NBA sudah memperbolehkan LaMelo untuk tidak menutupi tatonya lagi. Sebelumnya ia sempat dilarang. Sebab, LaMelo memiliki tato inisial LF atau La France. Tato itu merupakan nama tengah LaMelo dan juga merek lini pakaiannya.

“NBA, LaMelo Ball, perwakilannya di ROC Nation Sports, dan asosiasi pemain (NBPA) melakukan pembicaraan selama beberapa minggu di awal tahun untuk membahas tentang tato tersebut sejak pertandingan 14 November untuk menghindari denda liga,” tulis laporan ESPN.

Liga memiliki aturan yang tidak memperbolehkan logo komersial diperlihatkan. Untuk itu NBA sempat memerintahkan LaMelo untuk menutupi tato yang berada di belakang telinga kirinya tersebut sejak 14 November 2023.

LaMelo menutupi tatonya dengan plester kinesio dalam beberapa gim. Setelah itu LaMelo mengalami cedera pergelangan kaki pada 26 November 2023. Pilihan ketiga NBA Draft 2020 itu menepi selama enam pekan dan baru bermain lagi hari ini.

Dalam pernyataannya pada pertengahan November lalu, juru bicara NBA Tim Frank mengatakan dengan tegas bahwa tato LaMelo tersebut melanggar aturan. “Kami mempertimbangkan hak pemain untuk mengekspresikan diri dengan cara non-komersial. Tapi tato di leher LaMelo Ball jelas-jelas melanggar aturan dan harus ditutupi,” kata Frank.

Meski begitu, NBA tetap membuka diskusi. Liga kemudian mempertimbangkan lagi keputusannya dalam beberapa pekan terakhir. “(Liga) mengizinkan Ball untuk kembali pada hari Jumat (Sabtu WIB) tanpa ancaman denda karena membuka tatonya,” kata sumber kepada ESPN.

LaMelo merupakan salah satu dari sekian banyak pemain yang gemar membuat tato. Tato inisial LF itu juga ada di tangan kirinya. Meski tato di tangan kirinya itu tidak terlalu mencolok tapi sempat menarik perhatian di pramusim.

LaMelo kembali setelah 20 gim absen. Dalam pertandingan melawan Spurs itu, LaMelo bermain selama 27 menit. Pemain berusia 22 tahun itu memimpin Hornets dengan 28 poin dan 5 asis. (rag)

Foto: Jared C. Tilton, David Jensen/Getty Images

Komentar