IBL

LaVar Ball merasa geram dengan pola latihan dan sepatu yang digunakan oleh putranya, LaMelo dan Lonzo. Kedua putranya itu mengalami rentetan cedera yang tak kunjung membaik. Hal itu membuat performa mereka tidak maksimal di klub masing-masing.

“Mereka bilang, oh LaVar, kamu melatih anak-anakmu terlalu keras itu sebabnya mereka cedera. Tidak. Alasan mereka cedera adalah karena tidak dalam pantauan saya,” kata LaVar dalam wawancara dengan Bill Reiter dari CBS Sports.

“Mereka memulai latihan yang tidak becus ini. Karena jika Anda menyuruh mereka terus berlari di perbukitan, Anda akan mendapatkan tenaga dan kekuatan itu. Tapi Anda memulai berurusan dengan rubber band dan berbagai beban ringan ini, tentu saja itulah awal dari cedera,” imbuhnya.

Lonzo Ball, garda Chicago Bulls, mengalami cedera lutut dalam dua tahun terakhir. Ia menjalani operasi pada Januari 2022. Hanya bermain 36 gim di musim 2022-2023. Kemudian Lonzo absen sepanjang musim 2023-2024. Belum ada kejelasan kapan Lonzo akan kembali

Setali tiga uang dengan kakaknya. LaMelo mengalami nasib serupa. LaMelo berkutat pada cedera pergelangan kaki sejak direkrut Charlotte Hornets. Musim ini LaMelo hanya melantai dalam 22 gim dari tahun sebelumnya 36 gim.

Untuk LaMelo, LaVar menuduh masalah sepatu menjadi penyebab cedera putranya. Seperti yang diketahui, LaMelo menandatangani kesepakatan dengan Puma sebelum musim rukinya pada tahun 2020.

“Apa mereka sudah dilatih cukup keras? Tidak. Karena kondisi tubuhmu untuk berlari dan melompat. Kaki harus dikondisikan. Jadi, saya selalu mengajak putra-putraku berlari di perbukitan. Itu membuat mereka berlari seperti rusa di lapangan dan tidak cedera. Banyak hal yang berkaitan dengan sepatu compang-camping yang dipakai Melo. Sepatu itu tidak dibuat dengan benar untuknya. Untuk itu dia terus mengalami masalah di pergelangan kakinya sepanjang waktu,” tegas LaVar.

Sebelum mengakhiri musim 2023-2024 lebih dini, LaMelo memiliki rata-rata 23,9 poin, 5,1 rebound, dan 8,0 asis per gim. Sedangkan Lonzo memiliki rata-rata 11,9 poin dalam kariernya selama enam musim. LaVar berharap putra-putranya bisa sehat musim depan. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar