IBL

Permainan basket khususnya di NBA dan di seluruh dunia pada umumnya mengalami perubahan besar dalam kurun lima tahun terakhir. Salah dua hal yang berpengaruh besar dalam perubahan ini adalah semakin besarnya pengaruh statistik dan semakin akuratnya tembakan para pemain dari jarak jauh. Khusus yang terakhir, kita semua tahu bahwa tripoin telah mengambil alih pertandingan basket secara masif belakangan ini.

Tak perlu menanti waktu menyerang di bawah 10 detik, tim-tim sekarang memiliki pemikiran untuk tembak saja secepatnya selama tanpa penjagaan. Untuk beberapa pemain yang memang memiliki pengembangan khusus perihal menembak tripoin, jarak bahkan kini bukan lagi masalah. Stephen Curry dan Damian Lillard adalah salah dua contoh pemain yang tampak tidak peduli jarak menembak mereka. Ada kesempatan, percaya diri, tembak saja.

Faktanya pun demikian. Kedua pemain ini masuk dalam jajaran elite khusus untuk tembakan tripoin. Di gim melawan Indiana Pacers, Selasa, 27 April 2021, waktu setempat, Lillard menyusul rekor Curry. Catatan 4/8 tripoin menempatkannya sebagai pemain kedua tercepat dalam sejarah NBA yang mampu menyentuh 2.000 tripoin masuk. Tentu saja yang pertama di daftar ini adalah Curry.

Pemain yang akrab disapa Dame ini butuh 670 gim untuk memasukkan 2.000 tripoin. Sedangkan Curry hanya butuh 597 gim untuk mencapainya. Dalam sejarah NBA hanya ada dua pemain lain yang mampu menyentuh 2.000 tripoin sebelum laga ke-1.000 mereka. Pertama adalah pemain andalan Brooklyn Nets sekarang, James Harden dengan 760 laga. Setelahnya, ada penembak terjitu sepanjang masa NBA (sebelum Curry dan Lillard menggila), Ray Allen. Allen butuh 824 gim untuk menyentuh catatan tersebut.

Allen sendiri memimpin daftar pencetak tripoin terbanyak sepanjang sejarah NBA dengan 2.973. Curry yang berada di peringkat dua memiliki jarak sekitar 200 tembakan masuk. Namun, melihat kondisi fisik dan konsistensi tembakan Curry, bukan tidak mungkin rekor ini akan terpecahkan dalam waktu paling lama dua musim ke depan.

Dame menjadi pemain ke-10 dalam sejarah NBA yang memasukkan 2.000+ tripoin. Satu-satunya pemain aktif di daftar ini selain Curry dan Dame adalah Harden. Di belakang tiga pemain ini, ada dua nama pemain aktif yang sudah melewati 1.900 tripoin. Mereka adalah LeBron James (1.973) dan J.J. Redick (1.946). (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar