IBL

Setelah pemain cadangan untuk NBA All-Star 2021 diumumkan, maka ada satu nama yang menarik perhatian. Dia adalah bintang Los Angeles Lakers, Anthony Davis. Meski layak terpilih sebagai All-Star tapi dia diragukan tampil karena cedera. Ini bisa membuka peluang bintang lain dari Wilayah Barat untuk tampil di laga All-Star 2021, bulan depan.

NBA sendiri sudah mengumumkan bahwa bila ada pemain yang tidak bisa bergabung di laga All-Star, maka akan dicarikan pengganti dari konferensi yang sama. Pemilihan pemain pengganti dilakukan oleh Komisaris NBA, Adam Silver. Dia tidak akan dipengaruhi oleh suara dari mana pun, termasuk voting penggemar dan pelatih NBA. Semuanya menjadi keputusan mutlak Adam Silver.

Perkembangan kondisi Anthony Davis menggembirakan. Tetapi terlalu berisiko bila dia diturunkan di laga All-Star. Bahkan pihak Los Angeles Lakers pun sudah mengumumkan bahwa Davis kemungkinan baru bisa kembali bertanding di pertengahan bulan Maret. Sedangkan All-Star akan digelar pada 7 Maret 2021 di State Farm Arena, Atlanta. Jadi kemungkinan Davis absen di All-Star 2021 sangat besar.

Melihat kemungkinan tersebut, serta aturan pergantian pemain yang sudah dibuat oleh NBA, maka ada beberapa nama yang diprediksi bakal mengisi slot yang ditinggalkan oleh Davis, mereka adalah De'Aaron Fox dari Sacramento Kings, Devin Booker dari Phoenix Suns, dan Mike Conley dari Utah Jazz. Tiga kandidat terkuat untuk menggantikan Davis, menurut Alex Espinoza dari CBS Sports.

(Sumber foto: ESPN)

Melihat performanya bersama Kings, De'Aaron Fox memang layak mendapatkan penghargaan sebagai pemain All-Star tahun ini. Sejauh ini, pemain berusia 23 tahun tersebut mencetak rata-rata 22,5 poin dan 7,1 assist per pertandingan, dengan akurasi tembakan 46,8 persen. Bila terpilih sebagai All-Star, maka Fox bisa meningkatkan gengsi Kings di mata para penggemar NBA.

Namun ada beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada penilaiannya. Pertama, Kings kalah delapan pertandingan beruntun akhir-akhir ini. Lalu yang kedua, Fox termasuk pemain yang secara langsung mengkritik penyelenggaraan All-Star tahun ini. Sebenarnya LeBron James juga melakukannya, tapi tidak berpengaruh pada hasil pemungutan suara. Sementara Fox bisa dicoret karena pernyataan tersebut.

(Sumber foto: Bright Side of The Sun)

Pemain kedua yang diprediksi bakal menggantikan Anthony Davis adalah Devin Booker. Dia memang kalah dalam pemungutan suara pelatih NBA untuk menentukan cadangan All-Star, dari rekannya sendiri, Chris Paul. Tetapi Booker masih bisa menyusul Paul lewat jalur ini.

Booker rata-rata mencetak 50,1 persen akurasi tembakan yang jadi catatan tertinggi sepanjang kariernya. Dari jumlah tersebut, dia membuat rata-rata 24,7 poin per pertandingan. Suns juga menduduki peringkat keempat di klasemen Wilayah Barat, karena performa menawan Booker.

Bahkan bintang Golden State Warriors Draymond Green mengeluarkan pernyataan mengejutkan dalam akun twitternya. Green mengatakan bila Booker tidak masuk All-Star, itu sebuah "kebodohan" yang harus dihentikan.

(Sumber foto: Bleacher Report)

Kandidat kuat pengganti Davis selanjutnya adalah Mike Conley, milik Utah Jazz. Dia adalah bagian dari tim terbaik musim ini. Jazz tercatat sebagai pengumpul kemenangan terbanyak musim ini dengan 25 kali menang dari 31 laga. Conley berperan penting dengan kontribusi 16,4 poin dan 5,6 assist per pertandingan. Musim ini, Conley mencetak akurasi tembakan 44,7 persen. Mendekati catatan terbaiknya di Memphis Grizzlies di musim 2016-2017 dengan akurasi tembakan sebesar 45,9 persen. Namun kabar baiknya, musim ini Conley membuat 41,2 persen dari tripoin, yang jadi catatn terbaik sepanjang kariernya.

Jadi menarik untuk ditunggu, apakah Davis diberi izin untuk bermain di laga All-Star oleh tim dokter Lakers, atau Adam Silver yang segera mengumumkan pemain penggantinya. (tor)

Foto: ESPN

Komentar