IBL

NBA mengumumkan secara resmi mengenai semua hal yang berkaitan dengan All-Star 2021. Termasuk format permainan dan kontes-kontes yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 7 Maret 2021 di State Farm Arena, Atlanta. Tahun ini, All-Star hanya berlangsung satu malam. Format pertadingan All-star sama seperti tahun lalu. Sementara itu, liga dan Assosiasi Pemain (NBPA) akan mengalokasikan dana lebih dari AS$2,5 juta untuk disumbangkan ke Historically Black Colleges and Universities (HBCU) dan batuan untuk penderita Covid-19, serta vaksinasi.

Format pertandingan All-Star 2021 sama seperti yang dipakai pada edisi 2020 lalu. Setiap tim akan mengejar keunggulan di masing-masing kuarter. Tetapi pada kuarter keempat, mereka tidak diberikan batas waktu, hanya saja menggunakan target skor yang sudah ditentukan.

Contohnya seperti ini, pada NBA All-Star 2020 lalu, ada Tim Giannis dan Tim LeBron yang bertanding. Tim Giannis mencetak poin di tiga kuarter yaitu 41, 51 dan 41 poin. Total skor mereka 133 poin. Sebaliknya Tim LeBron mencetak 53, 30 dan 41 poin, dengan total 124 poin. Format target skor yang dimaksud adalah total skor terbanyak ditambah 24 poin (133+24). Jadi di kuarter keempat, tim yang mencetak 157 poin lebih dulu jadi pemenangnya. Kala itu, Tim LeBron menang dengan skor akhir 157-155.

Munculnya angka 24 tersebut karena pada All-Star 2020, NBA ingin memberi penghormatan pada mendiang Kobe Bryant. Angka 24 dipakai sebagai nomor punggung oleh Bryant selama 10 musim terakhir dalam kariernya.

Karena format pertandingannya sama, maka untuk pemilihan pemain juga sama. NBA lebih dulu menentukan pemain melalui pemugutan suara penggemar, media, pemain dan pelatih. Dari situ akan diperoleh siapa pemain yang punya dukungan suara terbanyak untuk menjadi kapten. Selanjutnya, NBA menyediakan 22 pemain untuk dipilih oleh masing-masing kapten. Starter NBA akan diumumkan pada Kamis, 18 Februari waktu setempat.

Mengenai susunan acara, NBA All-Star 2021 akan dimulai dengan Skills Challenge dan 3 Point Contest terlebih dahulu. Kemudian di halftime akan ada Slam Dunk Contest.

"NBA All-Star di Atlanta akan melanjutkan tradisi tahunan kami untuk merayakan pertandingan dan pemain terhebat di dunia di hadapan penonton di seluruh dunia. Selain kemeriahan di lapangan, All-Star Game akan memberi perhatian untuk HBCU dan bantuan penderita Covid-19," kata Komisaris NBA, Adam Silver. (tor)

Foto: People.com

Komentar