IBL

Kevin Durant sukses besar bersama Golden State Warriors. Dalam waktu tiga tahun bersama tim asuhan Steve Kerr tersebut, Durant sudah mendapatkan dua gelar NBA. Namun kini dia merajut mimpinya kembali bersama Brooklyn Nets. Tim yang awalnya tidak punya kans juara. Memang rasanya agak aneh, bila melihat Durant yang dominan bersama Warriors tiba-tiba memutuskan untuk pindah klub. Namun bagi Steve Nash, dirinya paham dengan keputusan Durant tahun lalu.

Memang mengejutkan ketika Durant memutuskan untuk pindah ke Nets pada tahun 2019 lalu. Pertama, dia sedang dalam kondisi cedera parah. Tendon Achilles-nya pecah ketika bertanding di Final NBA 2019 antara Warriors melawan Toronto Raptors. Lalu yang mengherankan lagi, Durant menolak tawaran New York Knicks, tim tetangga Nets. Dia justru menerima tawaran Nets yang saat itu tidak punya bintang sama sekali. Bahkan, Durant bersedia menandatangani kontrak selama empat tahun.

Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa kepindahan Durant ke Nets hanya untuk bermain dengan Kyrie Irving saja. Tetapi Durant sendiri musim lalu membantah spekulasi tersebut. Dia pindah ke Nets atas keputusannya sendiri. Tidak dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di tim tersebut.

Tetapi faktanya memang demikian. Orang-orang di Nets tidak pernah memaksanya untuk kembali secepatnya. Durant dibiarkan fokus pemulihan cedera, meski melewatkan satu musim kompetisi. Selain itu, Nets juga kembali diuji kesabarannya ketika Kyrie Irving menepi untuk menyembuhkan cedera bahu yang dideritanya.

(Sumber foto: NetsDaily)

Namun Steve Nash akhirnya buka suara soal cerita kepindahan Durant ke Nets. Dalam The Bill Simmons Podcast dari The Ringer, Nash memuji Durant adalah orang yang bijaksana. Durant memiliki kepekaan terhadap keinginan klub. Terutama saat Nets berniat membangun tim yang lebih kompetitif, tapi tidak terburu-buru.

"Saya pikir Durant tidak nyaman ketika diremehkan. Oleh sebab itu, dia memutuskan untuk bergabung dengan Warriors. Dia berhasil mendapatkan sesuatu yang besar ketika memutuskan untuk meninggalkan OKC Thunder, dan merapat ke Golden State," ucap Nash, memulai ceritanya.

"Setelah pengalaman yang dia miliki bersama Warriors, saya sempat mengira dia tidak akan pergi ke mana-mana. Tapi saya salah."

Ketika Durant pindah ke Nets, Nash yang saat itu juga bagian dari tim kepelatihan Warriors mulai tertarik untuk mencari tahu lebih dalam. Akhirnya, takdir mempertemukan mereka berdua. Setahun setelah Durant merapat ke Nets, Nash diminta menjadi kepala pelatih baru di tim tersebut.

"Saya akhirnya tahu, Kevin (Durant) adalah orang yang bijaksana. Dia tidak rumit seperti pemain lain, tapi punya pemikiran yang lebih maju. Sebagai pemain, Kevin tidak bernah berhenti mencari apa yang menggairahkan baginya," kata Nash.

"Kevin ingin sesuatu yang berbeda, agar dia bisa mendorong kemampuan sampai batasnya. Dan, itu yang terjadi hari ini. Kevin benar-benar mengeluarkan semua yang dimiliki sampai tidak tersisa lagi."

Brooklyn Nets merupakan tantangan baru bagi Durant. Dia mungkin punya segalanya di Warriors. Namun sebaliknya, Nets harus membangun dari nol. Bersama Irving dan Harden, Durant mencoba menemukan kembali gairah bermain basket.

Baca Juga: Steve Nash: Kevin Durant Belum Maksimal

Sementara itu, Steve Nash tidak lupa berterima kasih kepada Kenny Atkinson. Kepala pelatih Nets yang mengundurkan diri pada Maret 2020 lalu. Menurut Nash, Atkinson layak mendapatkan penghargaan dari klub. Sebab, Atkinson yang memulai membangun budaya juara di tim tersebut. Dia berhasil membawa Nets ke Playoff NBA 2020, meski dia sendiri tidak memimpin tim di "gelembung" Orlando, karena sudah mengundurkan diri. Tapi Nash mengatakan bahwa Atkinson sudah meninggalkan jejak yang bagus di Nets, terutama membangun tim untuk masa depan.

Kevin Durant saat ini sedang menjalani karantina sesuai protokol kesehatan NBA. Dia terbukti melakukan kontak dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19, pada hari Jumat lalu. Durant akan kembali bermain bersama Nets, saat mereka berkunjung ke markas Golden State Warriors, pada hari Sabtu, 12 Februari 2021, waktu Amerika Serikat. (tor)

Baca Juga: Kevin Durant akan Tampil Saat Nets Bertandang ke Markas Golden State Warriors

Foto: NetsDaily

Komentar