IBL

Brooklyn Nets membuat langkah menakjubkan untuk mengisi lowongan kepala pelatih dengan mempekerjakan Steve Nash. Seorang Hall of Fame, dua kali MVP NBA, dan mantan point guard legendaris Phoenix Suns. Nets dinilai berain mengambil langkah tersebut karena Nash kurang pengalaman dalam melatih.

Nash menggantikan Jacque Vaughn, yang akan tetap sebagai asisten. Vaughn memimpin Nets sejak 7 Maret lalu sejak Kenny Atkinson dipecat. Vaughn memimpin beberapa gim reguler hingga Playoff NBA 2020. Manajer Nets Sean Marks memutuskan untuk mempertaruhkan Nash, daripada mempertahankan Vaughn, atau merekrut pengganti yang lebih berpengalaman seperti rumor kedatangan Gregg Popovich yang sempat beredar. Marks percaya bahwa Nash adalah pelatih dengan bakat alami, yang akan mendapatkan keuntungan besar dari hubungannya dengan Kevin Durant.

"Saya merasa terhormat memiliki kesempatan ini. Bersama dengan organisasi kelas satu. Saya ingin berterima kasih kepada Sean, Joe dan istrinya, Clara, karena percaya pada kemampuan saya untuk memimpin tim ini ke depan," kata Nash. dikutip dari citynews1130.com.

"Melatih adalah sesuatu yang saya tahu, ingin saya kejar ketika waktunya tepat. Saya sangat bersemangat dengan prospek tim di lapangan."

Nash telah menghabiskan lima musim terakhir sebagai konsultan pengembangan pemain Golden State Warriors. Dari situ, ia membangun hubungan yang kuat dengan bintang Nets Kevin Durant, yang pernah bermain di Warriors dua musim.

Selama 18 tahun berkarir di NBA, pria berusia 46 tahun itu memenangkan penghargaan MVP berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006. Nash menjadi pemain ke-10 dalam sejarah liga yang memenangkan penghargaan tersebut secara beruntun. Dia adalah rekan satu tim dengan Marks selama di Phoenix Suns.

Nash, yang lahir di Afrika Selatan itu masuk dalam tim All-NBA sebanyak tujuh kali sepanjang karirnya dan menempati urutan ketiga sepanjang masa untuk asis terbanyak dengan 10.335 asis. Nash dilantik menjadi Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 2018.

"Setelah bertemu dengan sejumlah kandidat pelatih yang sangat berprestasi dari berbagai latar belakang, kami tahu kami harus mengambil keputusan yang sulit," kata manajer Nets, Sean Marks.

"Dalam diri Steve, kami melihat seorang pemimpin, komunikator, dan mentor yang akan mendapatkan rasa hormat dari para pemain kami. Saya mengenal Steve selama bertahun-tahun. Salah satu pemimpin lapangan yang hebat dalam permainan. Kami sangat senang menyambut Steve dan keluarganya ke Brooklyn."

Terpilihnya Nash sekaligus menggugurkan kandidat lain seperti Tyronn Lue yang sempat muncul di rumor pelatih Nets. Nash dikontrak Nets selama empat musim. (tor)

Foto: thespun.com

Komentar