IBL

Steve Nash ditunjuk sebagai kepala pelatih Brooklyn Nets, mulai 2020-2021 hingga empat musim ke depan. Nash akan memimpin dua bintang NBA Kyrie Irving dan Kevin Durant. Meski banyak kabar miring mengenai kedua pemain ini, Nash yakin bisa mengendalikan mereka.

Setelah Nash diumumkan menjadi pelatih baru Nets, Mike D'Antoni, yang sekarang melatih Houston, mengatakan bahwa dia mengirim pesan langsung ke Nash.

"Kamu melompat dari wajan ke dalam api," kata D'Antoni.

Sementara itu, kepala pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr, yang pernah menjadi manajer umum di Phoenix Suns saat Nash masih aktif bermain, ikut memberi ucapan selamat kepada Nash dengan pesan di Twitter.

Perekrutan itu merupakan kejutan di liga. Seperti dilansir ESPN, D'Antoni mengatakan bahwa Nash belum menghubungi dia. Nash juga belum memberi tahu Nick Nurse yang kini berjuang bersama Toronto Raptors di Semifinal Wilayah Timur.

"Itu membuat saya gembira, itu pasti," kata Nurse, sebelum Gim 3 Raptors melawan Celtics. "Saya sudah mengenal Steve sejak lama dan berbicara cukup lama dengannya, dan baru-baru ini juga sering berbicara dengannya."

Nets berencana mengadakan konferensi pers Zoom untuk memperkenalkan Nash, minggu depan. Nash menjadi pelatih ke-23 di tim tersebut, dan menjadi pelatih pertama tanpa pengalaman melatih.

Namun Nets punya pengalaman serupa. Saat Jason Kidd langsung naik pangkat dari pemain menjadi pelatih di tahun 2013. Kidd memimpin Nets sampai ke babak kedua playoff di musim pertamanya. Lalu pindah ke Milwaukee Bucks.

Nash hadir di era bola basket modern, saat semua pemain bisa melakukan tembakan tiga angka, termasuk big man. Namun, rasanya di Nets tidak terlalu sulit. Nash tim yang bagus saat ini. Tidak hanya Kyrie Irving dan Kevin Durant. Di Nets masih punya pemain seperti Caris LeVert, Spencer Dinwiddie, Joe Harris, Jarrett Allen, Garreth Temple, dan DeAndre Jordan.

Tetapi ada pula yang berharap bahwa Nash, membawa kembali permainan lama. Ini akan memberi kejutan di liga. .

"Dia mungkin akan kembali memainkan cara tradisional," canda D'Antoni.

Tetapi yang paling penting adalah tentang dua pemain bintangnya yaitu Irving dan Durant. Karena mereka yang akan menjadi tumpuan tim ini di musim depan.

Seperti kata manajer Nets, Sean Marks, bahwa Nash sudah punya hubungan baik dengan Kevin Durant. Ini terjadi saat Nash menjadi asisten pengembangan pemain di Warriors, dan Durant bergabung dua musim (2016-2018). Kedekatan mereka membuat Marks semakin mantab memilih Nash jadi pelatih Nets.

Kemudian soal Kyrie Irving, ternyata keduanya saling mengagumi satu sama lain. Setelah diumumkan sebagai kepala pelatih Brooklyn, Nash memberi tahu Marc Spears dari CNBC bahwa dia menghormati dan mengagumi Irving.

"Ky dan saya memiliki sejarah, tidak hanya sama-sama sebagai point guard, tapi dia adalah salah satu pemain favorit saya. Dia dan saya menghabiskan beberapa hari di pusat kebugaran tahun 2015 di New York City. Kami berbicara banyak hal," kata Nahs.

"Bagi saya dan Ky, hubungan kami penting. Dia adalah point guard dan saya adalah pelatihnya, dan saya senang saya mendapatkan kesempatan untuk mengenalnya dan untuk memahaminya. Bagaimana dia bermain dan apa yang dia lihat, dan saya berada di sini untuk membantu menyempurnakan bakatnya."

Kehadiran Nash akan mengembalikan Jacque Vaughn ke posisi semula sebagai asisten pelatih. Vaughn menyelesaikan musim 2019-2020 setelah Nets memecat Kenny Atkinson pada 7 Maret 2020. Dia memimpin Brooklyn melaju ke Playoff NBA 2020 sebagai unggulan 7 di Wilayah Timur. Vaughn bisa membawa tim dengan baik meskipun datang ke Orlando tanpa pemain bintang.

"Jacque telah menjadi bagian penting dari program kami. Dia tidak akan pergi ke mana-mana. Perannya dalam mengembangkan pemain kami baik di dalam maupun di luar lapangan sangat berharga untuk tim ini," tegas Sean Marks. (tor)

Foto: Bleacherreport

Komentar