IBL

Ada pernyataan menarik dari kepala pelatih Brooklyn Nets, Steve Nash tentang Kevin Durant. Menurutnya, Durant belum mengeluarkan seluruh kemampuannya di 15 pertandingan musim ini. Nash masih menganggap Durant dalam masa penyembuhan cedera. Karenanya, Nash punya strategi khusus untuk menjaga agar Durant tetap bugar sampai Playoff 2021 nanti. Jadi bagaimanakah Kevin Durant yang dimaksud oleh Steve Nash belum maksimal?

Durant sekarang jadi pemain paling dominan di Nets. Tetapi harus diingat bahwa dia baru saja absen selama satu setengah musim karena cedera Achilles. Durant mengejutkan komunitas NBA dengan performanya yang luar biasa, bahkan lebih baik dari musim 2015-2016. Saat dia kembali dari cedera patah kaki.

Durant saat itu mencetak rata-rata 28,1 poin per pertandingan dalam delapan pertandingan pertama bersama Thunder, pasca-operasi. Tahun ini, dia mencetak 30,5 poin per pertandingan (peringkat dua di liga), dalam 15 laga pertamanya bersama Nets. Di samping itu, Durant tampil selama 36,7 menit per laga dengan akurasi tembakan 57,1 persen, dan 44,4 persen dari tripoin. Dia juga mencetak persentase 85,9 persen dari tembakan gratis.

Namun Steve Nash percaya bahwa Durant masih dinaungi keberuntungan saja. Durant belum mengeluarkan seluruh kemampuannya. "Meski Kevin Durant sekarang sudah tampil 15 pertandingan, saya percaya ada beberapa aspek permainan yang masih perlu dia temukan kembali setelah 18 bulan tidak bermain," ujar Nash, kepada Alex Schiffer dari The Athletics.

Secara tidak langsung, Nash memberi pesan kepada semua kontestan liga agar mereka berhati-hati dengan Brooklyn Nets, terutama Kevin Durant. Karena penampilannya yang sekarang belum bisa dikatakan bagus. Perkataan Nash ada dasarnya. Ternyata, dalam 15 pertandingan tersebut Durant hanya mencetak poin dari tembakan jarak jauh. Durant tercatat memasukkan poin dari jarak satu meter dengan ring hanya 18 persen saja. Angka ini turun dibandingkan saat dirinya tampil setelah cedera bersama OKC Thunder (22 persen). Artinya, Durant masih menyimpan kekhawatiran dalam benaknya. Menurut Nash itu wajar, karena Durant baru bermain lagi setelah mengalami cedera parah. Namun bila Durant mulai menembukan keberanian untuk masuk ke paint area lawan dan lebih sering mendekati ring, maka Nash menjamin bahwa pemainnya bisa lebih menakutkan dari sekarang.

Walau berkata belum puas dengan penampilan Durant, Nash tetap bijak dalam mengambil keputusan. Contohnya hari ini, Jumat malam, waktu Amerika Serikat. Nash mengistirahatkan Durant agar bisa melakukan perawatan kaki. Sebab, Durant sebelumnya harus bermain 42 menit pada saat Nets menang lawan Atlanta Hawks.

Sebagai gantinya, Nash memaksimalkan duet James Harden dan Kyrie Irving. Mereka pun menang atas Oklahoma City Thunder dengan skor 147-125. Harden membuat triple-double dengan torehan 25 poin, 11 assist dan 10 rebound, sedangkan Irving menyumbang 25 poin dan tujuh assist. Nets kini sudah menang empat laga beruntun. Kini mereka menduduki peringkat dua klasemen Wilayah Timur dengan rekor 13-8. (tor)

Foto: jioforme.com

Komentar