IBL

Kevin Durant sudah pasti jadi andalan Brooklyn Nets musim ini. Tapi kali ini kaitannya justru soal duet baru antara Kyrie Irving dan James Harden. Mereka sangat efektif dan mampu menjaga Nets tetap garang dalam menyerang. Seperti yang terlihat dalam laga melawan Sacramento Kings, Senin malam, waktu Amerika Serikat.

Irving dan Harden tampaknya makin kompak setelah Durant absen, karena dirundung beberapa masalah akhir-akhir ini. Setelah dia harus menjalani karantina, Durant kembali dikabarkan absen tiga laga karena cedera hamstring ringan. Durant tidak bermain saat Nets bertandang ke Golden 1 Center, markas Sacramento Kings. Namun Nets menang 136-125 atas Kings. Mereka juga membuat catatan sejarah baru untuk klub.

Nets memasukkan akurasi tembakan 57,3 persen (51/89), termasuk 27 tripoin dari 47 percobaan. Catatan tersebut menjadi tripoin terbanyak kedua dalam sejarah NBA. Rekor terbanyak masih dipegang oleh Milwaukee Bucks dengan 29 tripoin pada bulan Desember 2020 lalu. Kyrie Irving mencetak 40 poin, lengkap dengan 9/11 tembakan tripoin. Sementara James Harden lagi-lagi membuat triple double dengan torehan 29 poin, 14 assist, dan 13 rebound. Harden memasukkan enam dari 10 percobaan tripoin.

"Memang sulit untuk melewati 27 tripoin dalam satu pertandingan. Tetapi kami bisa sampai di titik tersebut. Itu hasil dari pertahanan yang baik," komentar Steve Nash, yang diunggah oleh Nets Daily.

Bila dilengkapi, statistik Irving di laga tersebut yaitu 40 poin dengan akurasi tembakan 68,2 persen (15/22) dengan tripoin 81,8 persen (9/11), dalam waktu 31 menit. Irving menambahkan empat rebound, tiga assist, dan dua steal. Irving menjadi pemain Nets pertama sejak Vince Carter di tahun 2005, yang mampu mencetak 40+ poin dengan persentase tripoin lebih dari 80 persen.

(Sumber foto: Sac Bee)

Untuk James Harden, kali ini membuat catatan +/- di angka 33 dengan triple double kelimanya musim ini. Setelah bermain bersama Nets, Harden menorehkan rata-rata statistik 23 poin, sembilan rebound, dan 12 assist dengan persentase akurasi tembakan 49 persen, tripoin 40 persen, dan tembakan gratis 90 persen. Keberadaan mereka berdua sudah membuat Nets menang tiga laga beruntun, dan berada di peringkat ke-3 klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor pertandingan 17-12.

"Sangat, sangat nyaman. Sangat nyaman. Ini tidak memerlukan waktu yang lama. Saya piki komunikasi adalah kuncinya. Saya senang membantu teman-teman mendapatkan apa yang mereka inginkan. Itu jauh lebih mudah bagi saja, karena saya bebas bergerak ke mana saja," kata Harden.

Kerjasama yang bagus antara Irving dan Durant menepis kekhawatiran Steve Nash karena absennya Durant. Nash sendiri ingin membiarkan Durant mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Mengingat dia barus sembuh dari cedera. Durant kabarnya akan absen di pertandingan melawan Phoenix Suns, dan Los Angeles Lakers.

"Saya tidak tahu kapan Durant akan kembali. Namun saya berpikir untuk jagka panjang. Setidaknya Durant akan absen malam ini, dan akan dievaluasi untuk laga berikutnya. Saya tidak ingin memaksa dia kembali ke lapangan," katanya.

Meski mendapatkan kemenangan dengan catatan statistik serangan yang bagus. Nash masih khawatir dengan pertahanan. Sebab, bila dilihat dari pertandingan melawan Kings, mereka tidak bisa menghalau Hassan Whiteside dan Marvin Bagley III. Whiteside mencetak 26 poin dan 16 reboun, lalu Bagley menyumbang 19 poin. Titik tersebut yang masih dirasa lemah.

"Mereka (Kings) adalah tim yang sulit dijaga. Tim yang punya penyerang handal. Saya pikir, kami harus memperlambat gerakan mereka. Ternyata itu berhasil. Meski secara umum, kami masih butuh perbaikan di sisi ini," komentar Nash menyinggung performa Kings.

Saat merasa lemah di bawah ring, Nets justru melepas Norvel Pelle. Center yang direkrut 28 Januari lalu, dirasa tidak menunjukkan performa menawan. Dalam tiga pertandingan dari bangku cadangan, Pelle mencetak rata-rata 2,0 poin, 2,3 rebound, 1,0 blok per pertandingan. Dia tampil rata-rata 9,3 menit per laga. Mungkin Nets bakal mencari bigman tambahan sebelum bursa transfer NBA ditutup 23 Maret nanti. (tor)

Foto: EN24 World

Komentar