IBL

Brooklyn Nets menjadi tim pertama Wilayah Timur yang melaju ke babak playoff NBA 2020-2021. Kepastian tersebut didapat setelah mereka mengalahkan Toronto Raptors, di Tampa, Selasa malam, dengan skor 116-103. Rekor pertandingan Nets jadi 42-20. Mereka hanya tinggal menyisakan 10 pertandingan di musim reguler.

Pada laga ini, Nets hanya menampilkan delapan pemain. Namun 7 dari 8 pemain tersebut mencetak poin digit ganda. Dipimpin Jeff Green dengan torehan 22 poin, lalu Kevin Durant (17 poin dan 10 rebound), Blake Griffin (17 poin), Joe Harris (16 poin), Landry Shamet (14 poin), Mike James (11 poin), dan Tyler Johnson (10 poin). Satu pemain yang mencetak sembilan poin yaitu Kyrie Irving.

Khusus untuk Mike James, pemain ini dikontrak Nets selama 10 hari. Tetapi di kuarter keempat, dia punya kontribusi besar saat Durant dan Irving mengalami kebuntuan. Dengan kemenangan tersebut, maka Nets berhak atas tiket playoff pertama dari Wilayah Timur. Prestasi ini menjadi catatan yang bagus bagi Steve Nash, yang baru pertama kali bertugas sebagai kepala pelatih di NBA.

"Untuk tim ini, mereka punya aura positif di sisa 10 pertadingan. Kami sudah melewati berbagai ringtangan selama ini. Saya pikir sekarang saatnya memikirkan hal-hal yang lebih besar. Dengan kami bisa merebut tempat di playoff, maka itu jadi langkah awal yang baik," ucap Nash, setelah pertandingan.

Nets bertengger di puncak klasemen Wilayah Timur, meski bermain tanpa James Harden sejak 5 April karena cedera hamstring. Keputusan Nets merekrut Mike James dianggap sebagai keputusan yang tepat. Dia bisa menggantikan peran sebagai pengatur serangan, sementara Irving beristirahat. Namun, Nets tetap membutuhkan kehadiran James Harden.

Nets menempati peringkat pertama di NBA untuk efisiensi serangan. Tapi mereka menduduki peringkat ke-25 dalam hal efisiensi pertahanan. Data-data tersebut agak mengaburkan prediksi tentang perjalanan tim ini di playoff nanti. Pertanyaan yang timbul adalah bisakah Nets menjadi juara tanpa pertahanan yang kuat?

Jawabannya masih belum bisa dijelaskan. Untuk saat ini, para penggemar Nets senang karena tim kesayangannya lolos. Meski banyak pemain cedera serta adanya tekanan dari luar lapangan.

"Kami memiliki tim yang bagus. Kami memiliki banyak pemain yang bisa memainkan permainan ini dengann baik," kata Jeff Green, dikutip dari Forbes. "Meraih tempat playoff bukanlah apa yang kami capai. Dalam beberapa gim terakhir nanti kami akan membuat langkah besar."

Pertahanan Nets memang lemah, tapi bila "Big Three" mereka sehat, sulit membayangkan tim lain mengalahkan mereka di playoff. Pensiunan NBA, Vince Carter termasuk orang yang menyebut Nets sebagai patut diwaspadai. Dengan asumsi, Kevin Durant, Kyrie Irving dan James Harden sehat. (tor)

Foto: Sportsnaut

Komentar