IBL

Brooklyn Nets semakin menunjukkan taring mereka sebagai salah satu ancaman terbesar NBA musim ini. Menghadapi Los Angeles Clippers di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu, 21 Februari 2021, waktu setempat, Nets kembali berhasil menutup laga dengan kemenangan. Gim yang berjalan ketat dengan beberapa friksi sempat terjadi berhasil Nets tutup dengan kemenangan 112-108.

Meski tidak secantik gim-gim sebelumnya, kemenangan ini menjadi kemenangan keenam beruntun Nets. Hebatnya lagi, lima terakhir mereka bukukan dalam tajuk rangkaian tur ke kandang tim-tim Wilayah Barat. Tak sampai di situ, di empat gim terakhir, salah satu bintang andalan mereka, Kevin Durant, juga tidak bermain. Durant tampak menikmati permainan di pinggir lapangan karena cedera hamstring.

Catatan lima kemenangan tandang beruntun atas tim Wilayah Barat ini bukanlah hal mudah. Buktinya, Nets adalah tim pertama yang berhasil mengulang hal ini sejak terakhir kali Chicago Bulls melakukannya pada Januari 2010. Kala itu, Bulls masih diperkuat oleh deretan pemain seperti Derrick Rose dan Joakim Noah.

(Baca juga: Joe Harris dan Jeff Green Mendapatkan Berkah dari Hadirnya Trio Nets)

Di sisi lain, hasil ini menjadi kemenangan ke-20 dari 32 laga yang dimainkan oleh Nets. Mereka kini hanya berjarak satu kemenangan dengan peringkat pertama Wilayah Timur, Philadelphia 76ers. Jika Sixers kalah di gim selanjutnya dan Nets menang dari Kings di laga kandang mereka, lusa, waktu setempat, maka Nets akan berada di puncak klasemen.

Satu catatan lain yang cukup menakutkan dari Nets musim ini adalah ketangguhann mereka dalam menghadapi tim-tim terbaik NBA. Tim asuhan Steve Nash memiliki rekor (6-1) dalam laga melawan Los Angeles Lakers, Clippers, Utah Jazz, Milwaukee Bucks, dan Sixers. Satu-satunya kekalahan tersebut diberikan oleh Sixers saat Nets tidak diperkuat oleh Durant dan Kyrie Irving.

Saat kita buka pandangan lebih besar lagi, Nets ternyata memiliki rekor (12-2) kala berhadapan dengan 14 tim teratas NBA saat ini. Sekali lagi, rekor ini terasa lebih spesial karena hanya tujuh gim di antaranya yang melibatkan Durant, Irving, dan James Harden. Perlahan tapi pasti, Nets pun terus memperbaiki pertahanan mereka dengan cara bermain atau merekrut pemain bebas. Iman Shumpert dan Andre Roberson adalah salah dua pemain yang sudah mereka rekrut untuk menambah pertahanan.

Sepanjang 32 gim ini Nets sudah menunjukkan bahwa penyerangan bukanlah masalah untuk mereka. Pertahanan adalah masalah utama dan mereka mulai menemukan cara untuk memperbaikinya meski sejauh ini masih belum cukup signifikan. Namun, jika tim-tim NBA lain tak kunjung menemukan cara untuk menghentikan serangan Nets, bukan tidak mungkin Nets akan menjadi pesaing utama gelar juara NBA. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar