IBL

James Harden masuk sebagai daftar pemain yang diragukan tampil saat Brooklyn Nets bertanding melawan Portland Trail Blazers, Selasa malam, waktu setempat. Itu karena Harden bermasalah dengan lehernya setelah bertabrakan dengan pemain Washington Wizards, Garrison Matthews pada Minggu malam lalu. Tapi justru Harden malah bermain bagus, serta membawa Nets menang 116-112 atas Blazers. Dia mencetak 25 poin dan 17 asis. Nets masih tidak diperkuat Kevin Durant, sementara Kyrie Irving juga bakal absen tiga pertandingan karena ada urusan keluarga.

Harden mengakui bahwa dirinya masih belum sembuh seratus persen. Steve Nash sebagai kepala pelatih Nets sempat berpikir untuk membatasi menit bermainnya. Tapi karena Harden sendiri menunjukkan performa yang bagus, maka Nash tetap membiarkan dia berada di lapangan untuk memimpin tim.

"Saya mengalami tabrakan dengan pemain Wizards. Itu bagian dari bola basket," kata Harden, usai pertandingan melawan Blazers. "Benturan di bagian rahang membuat leher saya kaku. Tapi tidak apa-apa. Saya dapat perawaran dari staf kesehatan, istirahat, dan siap bertanding lagi."

Nash awalnya sempat khawatir dengan kondisi Harden. Namun, melihat tekad dan semangat pemain 31 tahun tersebut, maka Nash tidak ingin merusaknya. Harden kini masih menduduki peringkat pertama sebagai pemain yang paling lama di lapangan. Harden tampil rata-rata selama 37,9 menit per pertandingan.

"Saya khawatir dengan kondisinya. Tapi saya tidak yakin apa saya pantas khawatir dengan kondisinya. Sebab, dia mampu mengontrol permainan dengan baik. Saya merasa tembakannya belum sempurna sejak jeda kompetisi. Meski masih belum bagus, Harden mencoba berperan dengan cara yang lain seperti rebound, asis, dan steal," kata Nash, dikutip dari ESPN.

Pada pertandingan melawan Blazers, Harden tampil selama 40 menit. Dia mencetak 25 poin dan 17 asis. Jumlah asis tersebut menyamai catatan tertingginya saat masih berseragam Houston Rockets. Harden juga jadi pemain Nets dengan asis terbanyak sejak Deron Williams di tahun 2012. Harden mampu menjaga Nets tetap berada di jalur kemenangan, sementara Kevin Durant dan Kyrie Irving tidak ada di lapangan.

Durant masih dalam masa penyembuhan cedera hamstring. Dia belum bermain sejak 12 Februari 202i sampai sekarang, atau absen 16 pertandingan berturut-turut. Sementara, Irving dikabarkan izin tiga pertandingan karena ada urusan keluarga. Irving tidak akan bermain melawan Portland Trail Blazers, Utah Jazz, dan Detroit Pistons.

Namun tampaknya masalah sudah teratasi. Karena di tengah krisis pemain yang dialami Nets, ada Harden yang siap menopang tim ini. Selanjutnya, Nets akan bertanding melawan Jazz di Vivint Smart Home Arena, Rabu malam, waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: nba.com

Komentar