IBL

Duncan Robinson jadi bintang kemenangan Miami Heat dalam gim pembuka hari Natal melawan New Orleans Pelicans, Jumat, 25 Desember 2020, waktu setempat. Selama 32 menit bermain di American Airlines Arena, Robinson mencetak 23 poin dan 5 rebound untuk membawa Heat menutup gim dengan skor 111-98.

Jumlah 23 poin memang seolah tak cukup istimewa. Namun, hanya dua poin dari jumlah tersebut yang datang dari tembakan dua angka. Ya, Robinson membuat 21 poin dari luar garis busur. Ia memasukkan 7/13 tripoin yang setara dengan 54 persen. Ditambah satu layup, akurasi keseluruhan Robinson di gim ini adalah 57 persen (8/14).

Catatan tujuh tripoin tersebut menyamai rekor tripoin satu gim dalam pertandingan hari natal. Menariknya, rekor tersebut dibuat oleh pemain yang juga ada di lapangan hari ini, Brandon Ingram. Ingram mencetak tujuh tripoin tahun lalu berhadapan dengan Denver Nuggets. Akan tetapi, Robinson lantas masuk buku rekor atas catatan lainnya. Dari total tujuh tripoinnya hari ini, enam di antaranya datang di paruh pertama. Itu adalah rekor tripoin terbanyak dalam satu paruh pertandingan di hari Natal.

Gim sebenarnya berlangsung cukup seru di kuarter pertama. Aksi saling balas keunggulan terjadi di sini. Namun, di kuarter dua, Heat tampil tak terbendung dari semua lini. Heat membuka keunggulan hingga 23 poin di kuarter ini. Keunggulan tersebut sama sekali tak terkejar lagi hingga akhir pertandingan meski Heat harus tampil tanpa bintang mereka, Jimmy Butler, di paruh kedua. Jimmy ditarik karena gangguan di engkel kanannya.

Di belakang Robinson, Goran Dragic yang memulai gim dari bangku cadangan menambahkan 18 poin,9 rebound, dan 4 steal. Bam Adebayo yang bermain 28 menit mencetak 17 poin dan 4 rebound. Tyler Herro yang di dua gim ini menjadi pilihan utama di garda membukukan 11 poin. Avery Bradley yang menjadi pelapisnya mencetak 12 poin sedangkan ruki, Precious Achiuwa, menutup daftar dengan 11 poin.

Di Pelicans sendiri, hanya ada tiga nama yang mencetak dua digit poin. Pemain tahun kedua, Zion Williamson jadi top skor tim sekaligus satu-satunya pemain dengan dobel-dobel usai mencetak 32 poin dan 14 rebound. Zion memasukkan 11/20 tembakan (55 persen) dan 10/15 dari tembakan gratis (67 persen). Ingram menyusul dengan 28 poin sedangkan Josh Hart menyumbang 12 poin plus 9 rebound dari bangku cadangan.

Ini adalah kekalahan pertama untuk Pelicans seiring keberhasilan mereka mengandaskan Toronto Raptors di gim pembuka. Pelicans akan kembali bermain lusa, waktu setempat, dengan menjamu San Antonio Spurs. Heat sendiri masih akan bertahan di kandang untuk dua gim selanjutnya yang keduanya melawan Milwaukee Bucks. Pertemuan pertama Heat dan Bucks setelah semifinal Wilayah Timur musim lalu akan digelar Selasa, 29 Desember 2020, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar