IBL

Jose Juan Barea Mora atau yang lebih dikenal dengan nama J.J. Barea baru saja menandatangani kontrak satu tahun senilai AS$2,5 juta pada 1 Desember lalu. Tapi Barea punya klausul kontrak yang unik. Barea bisa menentukan pilihannya sendiri untuk tetap bermain bersama Dallas Mavericks, atau dibebaskan dari kontrak kapanpun dia mau. Sebab itu, Mavericks menyiapkan perpanjangan kontrak untuk Courtney Lee.

Barea bisa dibilang sebagai legenda Mavericks. Dia masuk tim milik Mark Cuban tersebut pada tahun 2006 sebagai pemain Undrafted. Barea bermain hingga tahun 2011. Barea pergi setelah berhasil mendapatkan satu cincin juara NBA tahun 2011 bersama Mavericks. Setelah itu, Barea pindah ke Minnesota Timberwolves hingga tahun 2014. Kemudian dia kembali ke Mavericks hingga sekarang.

Pemain berusia 36 tahun itu masih mampu tampil 29 pertandingan di musim 2019-2020. Dia mencetak rata-rata 7,7 poin per gim. Padahal Barea sempat menderita cedera tendon Achilles pada bulan Januari 2019. Barea dianggap sebagai pemain yang setara dengan Dirk Nowitzki dalam sejarah Mavericks. Dia menempati peringkat kelima sebagai pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak untuk Mavericks (637 pertandingan). Keberadaan Barea di tim Mavericks akhir-akhir ini bukan untuk mendulang poin. Dia dibutuhkan sebagai sosok pemain veteran yang bisa memimpin rekan-rekannya. Tugas utama Barea hanya memberi motivasi bagi pemain muda Mavericks di ruang ganti.

Karena kontrak unik ini, Barea bisa pergi dari Mavericks kapan saja. Tim MacMahon dari ESPN melaporkan bahwa manajemen Mavericks sudah siap melepaskan Barea, bila dirinya ingin meninggalkan tim untuk mengejar kariernya di bidang kepelatihan. Barea sendiri masih berkomitmen untuk tampil satu musim lagi bersama Mavericks. Namun manajemen punya rencana untuk memberikan kesempatan bagi pemain muda, seperti Jalen Brunson dan Trey Burke. Ini menjadi bagian dari rencana regenerasi tim Mavericks.

Meski sudah siap bila Barea memutuskan pergi dari tim, manajemen Mavericks tetap membutuhkan sosok pemain senior. Alasan tersebut yang membuat manajemen berencana menyodorkan kontrak baru kepada Courtney Lee. Pemain 35 tahun tersebut sudah dua musim berada di Mavericks, sejak dirinya menjadi bagian dari pertukaran pemain dengan New York Knicks di tahun 2018. Mavericks saat itu mendapatkan Lee bersama Kristaps Porzingis, Tim Hardaway Jr. dan Trey Burke. Sebagai gantinya, Mavericks mengirim Dennis Smith Jr., Wesley Matthews, dan DeAndre Jordan ke Knicks.

Secara kontrak, Courtney Lee bisa dikatakan sebagai pemain "free agent". Namun karena Mavericks memberi kepastian bahwa akan menawarkan kontrak baru, maka Lee saat ini sudah ikut dalam kamp pelatihan. Setidaknya, Lee bisa menggantikan peran Barea sebagai motivator di ruang ganti.

Sementara itu, Dallas Mavericks berencana memberikan penghargaan kepada J.J. Barea. Dia sudah bermain 11 musim di Mavericks dari total 14 musim kariernya di NBA. Mungkin bentuknya bukan mengistirahatkan nomor punggung yang biasa dipakai Barea. Karena Mavericks tidak semudah itu mengistirahatkan nomor. Sebab sampai sekarang hanya ada tiga nomor yang diistirahatkan Mavericks yaitu milik Derek Harper (12), Brad Davis (15), Ronaldo Blackman (22). Namun Mark Cuban sebagai pemilik Mavericks baru-baru ini menyatakan bahwa timnya tidak akan mengizinkan pemain memakai nomor punggung 24 untuk menghormati mendiang Kobe Bryant. (tor)

Foto: Internewscast

Komentar