IBL

Beberapa faktor bisa membuat Dallas Mavericks mau melepas Kristaps Porzingis. Salah satunya karena center asal Latvia tersebut mulai sering mengalami cedera. Kemudian, gajinya juga membebani keuangan tim, dan tidak sesuai ekspektasi. Tetapi KP masih berlindung di balik pernyataan Mark Cuban selaku pemilik Mavericks, yang tidak akan melepasnya.

Memang di awal musim lalu, Cuban menegaskan bahwa Luka Doncic dan KP tidak akan masuk dalam daftar perdagangan apa pun. Mavericks akan menolaknya, bila berhubungan dengan dua pemain tersebut. Mereka bahkan memberi KP kontrak senilai AS$158,2 juta sampai tahun 2024.

Saat itu, semua percaya bahwa langkah yang diambil Cuban dan manajemen Mavs sangat baik. Terutama melihat perpaduan Doncic dan KP di musim sebelumnya. Di awal musim, ada keyakinan bahwa KP bisa tampil lebih baik, setelah menjalani operasi. Namun anggapan tersebut hanya buaian semata. KP justru sering absen karena cedera. Dia hanya bermain 17 laga dari total 30 pertandingan yang sudah dijalani Mavs. Mereka masih tertahan di peringkat sembilan klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 15-15.

Nama KP makin santer dibicarakan dalam rumor perdagangan NBA di tengah musim. Apalagi bursa trasfer akan segera ditutup bulan depan. Menurut Jake Fischer dari Bleacher Report, Mavs kabarnya diam-diam mulai menawarkan KP ke tim lain. Dengan catatan rata-rata 20,5 poin dan 8,2 rebound per laga, KP bisa memanaskan bursa transfer di tengah musim ini.

John Healy dari radio.com memperkirakan ada empat tim yang menjadi tujuan ideal bagi KP, yaitu Golden State Warriors, Chicago Bulls, Atlanta Hawks, dan Charlotte Hornets. Dari empat tim tersebut, Warriors yang dianggap paling masusk akal sebagai tim tujuan KP.

Alasannya sederhana, Warriors sedang butuh center yang mumpuni dalam daftar pemain intinya. Kehadiran James Wiseman belum cukup memenuhi kebutuan tim asuhan Steve Kerr tersebut. Sebaliknya, dengan menukar KP dengan Wiseman, Mavericks punya center muda, yang setidaknya lebih sehat ketimbang KP. Tetapi untuk melakukan pertukaran pemain, ternyata tidak sesederhana itu. Warriors harus merelakan beberapa pemain sebagai bagian dari pertukaran pemain, untuk mengimbangi kontrak KP di Mavs.

Semakin banyak rumor dan prediksi tentang masa depan KP, membuat Mark Cuban akhirnya angkat bicara. Setidaknya untuk saat ini, Cuban tetap tidak mau melibatkan KP dalam perdagangan. Itu diungkapkan Cuban kepada Brad Townsend dari Dallas Morning News.

"Itu tidak benar. Informasinya tidak akurat. Kami tidak ingin membicarakan KP untuk saat ini," katanya.

Cuban ingin sabar menunggu perkembangan pemainnya. Dia tidak mau terburu-buru mengambil keputusan. Mavericks memang sedang mengalami kesulitan. Tetapi masih ada waktu bagi KP untuk kembali ke performa semula. Setidaknya seperti musim lalu. (tor)

Foto: EssentiallySports

Komentar