IBL

Masa depan Kristaps Porzingis di NBA menjadi buah bibir akhir-akhir ini. Apalagi batas waktu pertukaran pemain makin dekat. Sinyal kepindahan KP ke Golden State Warriors juga menguat. Prediksi skenario pertukaran pemain antara Dallas Mavericks dan Warriors tersebut akan melibatkan Andrew Wiggins.

KP jadi salah satu pemain yang paling menarik dalam bursa transfer tengah musim. Mavs sedang mencari jalan keluar untuk meningkatkan performa. Di atas kertas, kombinasi Luka Doncic dan KP cukup meyakinkan. Tapi ternyata tidak seperti yang diramalkan para analis NBA. Mavs mengalami kebocoran di sisi pertahanan. Ditambah lagi, Porzingis masih berkutat dengan cedera lutut. Sementara Mavs butuh dorongan instan agar mereka bisa mengamankan tempat di playoff musim ini. Sebab, sampai sekarang Mavs baru menang 16 kali dari 32 pertandingan (50 persen).

Tim yang dikaitkan dengan KP saat ini adalah Golden State Warriors. Mereka punya masalah di sisi bigman. Warriors merasa James Wiseman belum punya pengalaman. Selain itu, di lini kedua, Eric Paschall dan Kevon Looney tidak mampu memuaskan kepala pelatih Steve Kerr. Beberapa hari lalu, manajemen Mavs dikabarkan berdiskusi dengan Warriors untuk membicarakan pertukaran pemain.

Kemudian pada Sabtu malam, waktu Amerika Serikat, John Helay dari radio.com memberikan prediksi untuk skenario pertukaran pemain antara Mavs dan Warriors.

"Mavericks dilaporkan telah menghubungi Warriors untuk membicarakan tentang Porzingis. Dia bisa menjadi pemain yang sempurna untuk menambah kekuatan Warriors. Selain tinggi, pemain Latvia tersebut punya akurasi tripoin sebesar 35,2 persen. Dia bisa membantu Warriors meningkatkan akurasi tripoin yang berkurang setelah absennya Klay Thompson. Bila Warriors setuju merekrut Porzingis, maka Andrew Wiggins bisa jadi pilihan pertukaran," kata Helay.

Kehadiran Wiggins akan sangat menguntungkan bagi Mavericks. Musim ini, Wiggins menjelma jadi pemain bertahan yang bagus, namun juga punya kontribusi 17,0 poin dan 4,0 rebound per pertandingan. Wiggins bisa meringankan tugas Luka Doncic saat bertahan, sehingga bisa fokus ketika menyerang.

Dari besaran gaji, juga tidak ada hitungan yang rumit. KP dan Wiggins sama-sama punya gaji AS$29 juta musim ini. Jadi tidak ada yang dirugikan satu sama lain. Tetapi untuk mendapatkan KP, Warriors harus melepaskan beberapa tiket NBA Draft. Itu karena KP punya durasi kontrak satu tahun lebih lama dari Wiggins. (tor)

Foto: Dallas Morning News

Komentar