IBL

Dallas Mavericks jadi buah bibir seiring penampilan heroik mereka di playoff 2020. Tanpa diperkuat Kristaps Porzingis setelah gim 3, Mavericks yang kala itu tertinggal (2-1) masih bisa memaksa Los Angeles Clippers lanjut hingga gim enam. Luka Doncic jadi bintang Mavericks di seri tersebut dan di sepanjang musim ini.

Melihat hasil playoff, manajemen Mavericks tampaknya percaya bahwa mereka bisa bergantung pada Luka dan Porzingis. Berdasarkan laporan Dallas Morning News, Mavericks siap merombak total tim mereka untuk berprestasi lebih baik lagi musim depan. Seluruh pemain yang masih memiliki kontrak kecuali Luka dan Porzingis siap masuk dalam paket pertukaran.

Berdasarkan tabel ruang gaji Mavericks musim depan, total ada 10 pemain di luar Luka dan Porzingis yang masih terikat kontrak musim depan. Dari 10 nama tersebut, beberapa nama yang berpotensi menarik minat tim lain adalah Tim Hardaway Jr., Dwight Powell, Maxi Kleber, dan Jalen Brunson. Enam nama lainnya bisa dibilang hanya akan menjadi pelengkap dalam sebuah paket pertukaran.

Di sisi lain, laporan yang sama menyebutkan bahwa Mavericks tak menutup kemungkinan untuk merelakan hak memilih mereka di NBA Draft 2020. Mavericks sendiri mengantongi dua hak memilih di putaran pertama yakni untuk urutan 18 dan 31. Asalkan pemain yang ditawarkan tim lain cocok untuk membantu Luka dan Porzingis, rasanya dua hak memilih ini akan bisa dilepas.

Selain itu, 12 pemain Mavericks yang berada di dalam kontrak memiliki nominal kontrak yang masih jauh dari batas ruang gaji NBA. Skuat 2020 – 2021 Mavericks sejauh ini hanya bernilai AS$108 juta, menempatkan mereka di urutan 16 tim dengan gaji termahal. Sebelum pandemi menyerang, perkiraan batas gaji NBA musim 2020 – 2021 adalah AS$115 juta dengan batas atas luxury tax di angka AS$139 juta. Untuk musim 2019 – 2020 sendiri, batas gaji di angka AS$109 juta dengan batas atas luxury tax AS$132 juta. Dengan ini, Mavericks masih bisa mendapatkan pemain dengan status bintang menengah tapi solid, satu tingkat di bawah All Star. 

(Baca juga: Air Jordan 35 Edisi Spesial Luka Doncic akan Rilis Mei 2021)

Melihat daftar pemain bebas yang ada, ada beberapa nama yang tampaknya bisa cocok dengan pola permainan Mavericks. Trio Eropa, Goran Dragic, Danilo Gallinari, dan Davis Bertans bisa menjadi opsi dengan catatan maksimal Mavericks hanya merekut dua dari tiga nama ini. Dragic adalah rekan satu negara Luka sedangkan Bertans adalah rekan satu negara Porzingis. Koneksi Eropa bisa jadi semakin baik di sini.

Mavericks juga bisa jadi meniru langkah Los Angeles Lakers. Secara poros utama tim, keduanya tidak jauh berbeda. Lakers juga bergantung pada seorang ball dominan, LeBron James, yang mirip dengan Luka dan memiliki satu ancaman lain dalam bentuk bigman serbabisa seperti Anthony Davis serta Porzingis. Jika berkaca dengan Lakers, maka pemain yang harus diambil oleh Mavericks adalah pemain-pemain veteran dengan tipikal bertahan dan menembak tripoin yang baik. Nama yang memiliki kriteria seperti itu di daftar pemain bebas beberapa di antaranya adalah Joe Harris, Jordan Clarkson, Jae Crowder, dan Kentavious Caldwell-Pope. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar