IBL

NBA resmi membuka transaksi pertukaran pemain dan hak pilih pada Senin, 16 November 2020, waktu setempat. Pertukaran pemain dan hak pilih di waktu seperti ini biasanya akan menentukan langkah apa yang akan diambil masing-masing tim di NBA Draft dan pasar pemain bebas nanti (free agency). NBA Draft sendiri akan digelar Rabu, 18 November 2020, waktu setempat.

Tak menunggu waktu lama setelah dibuka, satu transaksi langsung dilaporkan telah menemui kata sepakat. Adalah Brooklyn Nets yang sepakat menukar Dzanan Musa dan hak memilih putaran kedua NBA Draft 2021 untuk pemain Detroit Pistons, Bruce Brown Jr.. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh ESPN.

Secara profil, kedua pemain ini bisa dibilang pemain muda di level medioker, keduanya sama-sama belum menunjukkan peran signifikan sejak masuk ke liga pada 2018. Brown yang terpilih di urutan ke-42 NBA Draft 2018 memiliki rataan 8,9 poin, 4,7 rebound, 4,0 asis, dan 1,1 steal per gim di musim lalu. Brown yang berposisi sebagai garda cukup diakui liga sebagai salah satu calon pemain bertahan yang solid di masa mendatang. Brown sendiri cukup mendapat kepercayaan di Pistons meski baru dua musim di liga terbukti dengan 99 kali menjadi starter dari 132 gim yang ia mainkan.

(Baca juga: Lakers Siap Menukar Danny Green dengan Dennis Schroder)

Musa yang terpilih di urutan 29 NBA Draft 2018 justru memiliki catatan performa yang tak lebih baik.   Dalam total 40 gim yang ia mainkan musim lalu, Musa hanya mencetak 4,8 poin, 2,2 rebound, dan 1,1 asis per gim. Secara akurasi, Musa masih tidak bisa dilihat. Akan tetapi, posturnya yang mencapai 206 sentimeter dan atletisme yang baik membuat pemain ini bisa bermain di berbagai posisi yang membuat tim bisa lebih fleksibel.

Untuk Pistons, transaksi ini adalah transaksi pertama di bawah manajer umum baru mereka, Troy Weaver. Weaver yang mencanangkan pembangunan ulang skuat (rebuild) tampak berusaha mengumpulkan hak memilih di masa mendatang. Diyakini banyak pihak, Brown adalah pemain pertama yang mengawali gelombang pertukaran pemain yang akan dilakukan Weaver sebelum musim baru dimulai. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar