IBL

Semenjak John Wall cedera, praktis Washington Wizards bergantung penuh kepada sosok Bradley Beal. Beruntungnya, Beal tampak siap mengemban tugas besar itu. Lebih-lebih lagi, ia bahkan terus mengembangkan paket ketangkasannya guna menjalan tugas dengan baik. Hasilnya, di musim 2019 – 2020, Beal mencetak 30,5 poin, 4,2 rebound, 6,1 asis, dan 1,2 steal per gim. Catatan poin dan asis tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang kariernya dan bukti nyata bahwa Beal telah berkembang menjadi pemain yang jauh lebih komplet atau tepatnya mampu menjadi fasilitator tim.

Hal ini membuat Beal menarik perhatian banyak tim. Sepanjang musim ini saja, meski Beal sudah sepakat memperpanjang kontrak dua tahun dengan Wizards, isu mengenai ketertarikan beberapa tim menggunakan jasanya terus berkembang. Mulai dari Houston Rockets, Brooklyn Nets, hingga Golden State Warriors sempat dikabarkan siap melakukan pertukaran untuk pemain berusia 27 tahun ini.

Menanggapi segala isu yang berkembang di sekitarnya, Beal mendaku sudah tidak ambil pusing. Dalam siniar berjudul “The Oldman and The Tree”, Beal mengutarakan caranya menghadapi isu-isu ini. “Saat saya bermain dan melihat segala isu yang berkembang, saya tidak membiarkan hal itu mempengaruhi kondisi mental saya,” buka Beal.

(Baca juga: Pemain-pemain yang Seharusnya Masuk All-NBA Teams)

“Namun, harus saya akui, di awal karier saya, isu-isu seperti ini sungguh bisa berpengaruh ke performa saya. Sekarang, saya lebih berada di kondisi saya tahu posisi saya di mana, saya mengerti berapa nilai saya, dan apa yang saya inginkan. Isu seperti ini bisa jadi menyultikan khususnya jika Anda dikaitkan dengan tim yang ingin menang, tim yang mengincar gelar juara,” lanjutnya.

Ketiga tim yang sempat dikaitkan dengan Beal sejujurnya cukup serius dalam mengejar gelar juara. Khususnya untuk dua tim yang terakhir disebut, mereka punya fleksibilitas dalam melakukan pertukaran pemain. Nets bisa dibilang memiliki aset dalam bentuk pemain yang bisa menggoda Wizards sedangkan Warriors punya aset pemain dan hak memilih yang juga tak kalah menarik untuk ditawarkan.

“Beberapa tim benar-benar mencoba melakukan pertukaran ini. Banyak dari mereka sudah menghubungi tim dan menawarkan beberapa kemungkinan paket pertukaran. Saya sendiri masih terus melihat sanggupkah merekan mengajukan penawaran serius untuk mendapatkan saya. Ini bukan sebuah rahasia, beberapa tim sudah melakukan penawaran untuk saya dalam beberapa tahun terakhir,” imbuh Beal.

(Baca juga: Jayson Tatum: Bradley Beal Adalah Pemain Paling Diremehkan di NBA)

“Sekal lagi, saya tak melihat isu-isu ini sebagai distraksi. Saya merasa ini adalah sebuah tanda penghormatan tim-tim kepada saya dan dorongan motivasi. Tetap lakukan apa yang harus saya lakukan, bermain dengan sungguh-sungguh, terus menjadi sosok profesional sebaik mungkin. Orang-orang suka itu dan itu yang membuat mereka terus mendekat kepada Anda. Pun demikian, Anda harus mengerti kondisi Anda. Mengerti tentang apa yang Anda miliki di sini (Wizards), mengerti bahwa banyak tim menginginkan Anda di tempat lain, mengerti tentang nilai Anda dan menghargainya,” pungkasnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar