IBL

Tak banyak orang menyebut nama Bradley Beal dalam perbincangan daftar pemain terbaik di NBA musim 2019-2020. Jangankan 10 besar terbaik, jika diminta menyebutkan 20 besar pemain terbaik di NBA saja, rasanya nama Beal masih akan jarang disebut. Hal ini sendiri mungkin terjadi karena Beal bermain di tim yang tidak cukup memiliki pasar yang besar.

Namun, untuk forwarda Boston Celtics, Jayson Tatum, Beal adalah salah satu pemain terbaik di liga. Dan seharusnya, nama Beal layak mendapatkan tempat spesial di antara para pemain hebat NBA musim ini serta mendapatkan kredit lebih atas pencapaiannya.

“Saya mungkin sedikit bias, tapi saya pikir Bradley Beal adalah pemain yang paling diremehkan (underrated) di NBA sekarang,” terang Tatum dalam siniar bertajuk All The Smoke yang dipandu oleh dua mantan pemain NBA, Matt Barnes dan Stephen Jackson.

Bias yang dimaksud oleh Tatum adalah fakta bahwa ia dan Beal adalah teman yang sangat akrab. Mereka berasal dari daerah yang sama, St. Louis, Missouri, Amerika Serikat. Keduanya bahkan bersekolah di SMA yang sama. Pun demikian, alasan Tatum menyebut Beal adalah pemain yang diremehkan sendiri cukup masuk akal.

“Beal menorehkan rataan sekitar 31 poin per gim dan ia tidak terpilih di laga All Star Februari lalu,” imbuhnya. “Jika Anda adalah penggemar basket sejati, maka Anda pasti tahu dan sadar betapa hebatnya dirinya,” tutup Tatum.

Ya, mundur ke Februari lalu, media-media basket Amerika Serikat panas dengan tidak terpilihnya Beal di laga All Star padahal secara statistik, Beal benar-benar luar biasa. Dalam 57 gim (secara keseluruhan) Beal menorehkan rata-rata 30,5 poin, 4,2 rebound, dan 6,1 asis per gim. Catatan poin tersebut adalah yang tertinggi kedua di NBA. Ia hanya kalah dari James Harden dengan 34,4 poin per gim.

Beal sendiri tak bisa dibilang selalu diremehkan sepanjang kariernya. Di dua musim ke belakang, secara beruntun, Beal selalu masuk di jajaran All Star. Ini sebenarnya sudah membuktikan bahwa dia diakui sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. Masalah utamanya memang di musim ini. Rataan poin dan asis Beal adalah yang tertinggi sepanjang kariernya tapi ia justru tertinggal di barisan elite. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar