IBL

Lanjutan laga NBA, Kamis malam, 14 Maret 2019, waktu setempat, antara Denver Nuggets dan Dallas Mavericks berlangsung seru. Dunk dari ruki Mavs, Luka Doncic, di sisa 5,8 detik berhasil membawa tim unggul 99-98. Sayangnya, upaya Doncic menambah poin dari tembakan gratis tidak menemui sasaran. Bola berpindah kekuasaan untuk Nuggets setelah Paul Millsap mendapatkan defensive rebound dan tim mengambil timeout.

Timeout berujung kepada strategi penyerangan yang berpusat kepada Nikola Jokic. Pemain yang akrab disapa Joker ini melantun bola dari area tripoin dengan penjagaan oleh Dwight Powell. Joker melakukan gerakan backdown (membelakangi ring) plus tipuan kepala. Lantas ia melepaskan tembakan satu tangan yang bersamaan dengan bel akhir pertandingan. Bola masuk dan Nuggets memenangi gim yang digelar di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, dengan skor akhir 100-99.

Tembakan kemenangan Joker tersebut adalah tembakan kesembilannya di gim ini. Dari jumlah tersebut, pemain asal Serbia ini hanya memasukkan empat di antaranya. Joker total mengemas dobel-dobel, 11 poin, 14 poin, dan 8 rebound. Millsap menjadi top skor di gim ini dengan catatan 33 poin, 8 rebound, dan 3 asis. Jumlah poin tersebut adalah torehan tertingginya sepanjang musim.

Jamal Murray mengemas 12 poin, 5 rebound, dan 7 asis sementara Will Barton menambahkan 11 poin dan 2 blok. Malik Beasley yang memulai gim dari bangku cadangan berhasil mengemas 12 poin selama 21 menit.

Dari kubu Mavericks, Doncic akhirnya kembali menjadi top skor tim. Bermain selama 35 menit, Doncic nyaris mengemas tripel-dobel, 24 poin, 11 rebound, dan 9 asis. Ruki lainnya, Jalen Brunson, menyusul dengan 20 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Tim Hardaway Jr. yang tercatat bermain selama 37 menit membukukan 17 poin plus 3 asis.

Selain Doncic, ada dua pemain Mavericks lain yang mencetak dobel-dobel. Dwight Powell menyusul dengan 16 poin dan 10 rebound sementara Maxi Kleber juga masuk dalam daftar dengan 11 poin plus 11 rebound.

Selain membuat Nuggets selalu menang dalam dua gim terakhir, hasil ini juga menjaga asa tim untuk menduduki puncak klasemen sementara Wilayah Barat. Nuggets kini menempati peringkat dua klasemen dengan 45 kemenangan dan 22 kekalahan. Tim asuhan Mike Malone ini berjarak dua kemenangan saja dengan pemuncak klasemen, Golden State Warriors.

Sebaliknya bagi Mavericks, kekalahan ketujuh beruntun ini semakin menghempaskan mereka di papan bawah klasemen sementara Wilayah Barat. Anak-anak asuh Rick Carlisle ini kini menempati peringkat 14 klasemen dengan catatan 27 kali menang dan 41 kali kalah. Peluang Mavericks untuk lolos ke playoff semakin menipis dengan jarak 12 kemenangan mereka dengan penghuni peringkat delapan, Los Angeles Clippers.

Mavericks akan pulang ke kandang mereka untuk gim selanjutnya guna menghadapi Cleveland Cavaliers, lusa, waktu setempat. Sementara Nuggets akan menutup rangkaian tiga laga kandang mereka dengan menjamu Indiana Pacers, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar