IBL

Geliat transaksi tim-tim Indonesian Basketball League (IBL) kembali beraksi. Kali ini satu nama besar menemukan pelabuhan barunya. Most Valuable Player (MVP) IBL 2020, Abraham Damar Grahita resmi bergabung dengan Prawira Bandung pada Kamis, 19 November 2020. Pemain yang akrab disapa Bram ini bergabung dengan kontrak dua tahun.

Bram adalah salah satu pemain yang masuk daftar restricted free agent yang beberapa waktu lalu dirilis oleh IBL. Bram berstatus pemain Stapac Jakarta meski musim lalu masuk dalam program Indonesia Warriors yang bertarung di IBL. Stapac sendiri sudah tak berpartisipasi lagi di liga setelah menjadi juara pada musim 2018 – 2019.

Perpindahan Bram ke Prawira sendiri bisa dibilang sebagai perpindahan terbesar di jeda musim kali ini mengingat gelar MVP yang baru ia dapat dan perannya di tim nasional. Bram mencetak rata-rata 13,6 poin, 2,8 rebound, dan 3,6 asis per gim musim lalu. Bram juga menunjukkan perkembangan yang baik dari waktu ke waktu. Dia sebelumnya pernah menjadi Most Improved Player of the Year di IBL 2016-2017, dan Sixth Man of the Year IBL 2018-2019.

(Baca juga: Transfer IBL: Lutfi Koswara ke Bali United, Pacific Pisah dengan Indra Muhammad)

Di Prawira, pemain 25 tahun ini akan merasakan sedikit nuansa nostalgia. Kepala Pelatih, Andre Yuwadi dan forwarda Prawira, Raymond Shariputra adalah dua sosok yang sempat bersama Bram kala memulai karier profesionalnya bersama Stadium di 2016 lalu. Raymond bahkan sempat masuk gerbong perpindahan pemain Stadium ke Aspac satu musim setelahnya, juga bersama Bram.

Kehadiran Bram juga akan menambah dalam komposisi skuat Prawira, utamanya untuk barisan lapangan depan. Sebelum kedatangan Bram, Arif Hidayat, Danny Ray, Hans Abraham, dan Danny Christian sudah mengisi posisi tersebut. Prawira sendiri dikabarkan masih akan mendatangkan pemain muda yang sedang mengikuti pemusatan latihan timnas, Yudha Saputera.

Meski bisa dibilang sebagai transaksi terbesar, IBL masih menyisakan sederet nama yang belum diketahui masa depannya, utamanya nama-nama pemain yang ada di daftar restricted free agent. Oki Wira Sanjaya, Agassi Yeshe Goantara, Mei Joni, dan Kaleb Ramot Gemilang adalah barisan pilar Stapac kala menjadi juara di musim 2018 – 2019 lalu dan ada di daftar ini. Di samping itu, nama seperti Indra Muhammad juga hingga kini belum resmi bergabung dengan tim manapun. (DRMK)

Foto: Harianto

 

Komentar