IBL

Pengamat NBA Stephen A. Smith mengatakan bahwa tim yang mampu meredam Los Angeles Lakers musim depan adalah Golden State Warriors. Bukan hanya itu, mereka bakal merepotkan pertahanan Lakers dengan duet Stephen Curry dan Klay Thompson.

Pada episode terbaru "First Take", Smith memberikan alasan mengapa Warriors akan jadi duri bagi Lakers di Wilayah Barat. Faktor utamanya yaitu Curry dan Thompson yang sudah pulih dari cedera. Mereka bisa membuat akurasi tembakan Warriors meningkat sehingga Lakers sulit meredamnya.

Keduanya juga sangat aktif saat tidak membawa bola (off-ball), dan selalu mencari ruang tembak ideal bagi mereka masing-masing. Dalam hal ini, bila para pemain Lakers mengikuti pergerakan mereka, maka akan habis di tengah jalan. Mengingat Lakers berisi pemain veteran. Lakers butuh strategi jitu untuk menghentikan pergerakan Warriors, tanpa menguras tenaga pemainnya.

Sang juara punya LeBron James dan Anthony Davis. Mereka akan sulit dikalahkan untuk urusan serangan. Tetapi saat bertahan, Lakers harus membuat skema baru. Menurut Smith, itu karena beberapa pemain yang punya spesialisasi bertahan akan masuk bursa pemain bebas agen. Jadi Frank Vogel harus punya strategi baru, terutama untuk meredam serangan Warriors.

Bagan di bawah ini menunjukkan rekor pertemuan Lakers dan Warriors dalam dua musim terakhir. Lakers memang menang tiga kali beruntun di musim 2019-2020. Ini karena mereka sudah punya James dan Davis. Faktor lainnya adalah Curry dan Thompson cedera. Kemudian bila mundur satu musim, yaitu 2018-2019, maka Warriors turun dengan kekuatan penuh. Mereka unggul 3-1 dari Lakers. 

Jadi pertemuan antara Lakers melawan Warriors di musim 2020-2021 nanti bakal berlangsung sengit. Karena kedua tim akan turun dengan kekuatan penuh. Mungkin itu bisa terjadi di pertengahan musim, karena kabarnya James dan beberapa pemain veteran Lakers akan absen di awal kompetisi.

Warriors bakal jadi lawan tangguh bagi Lakers. Tapi Warriors juga punya musuh besar, yaitu cedera. Mereka hancur di musim 2019-2020 karena cedera. Thompson cedera ACL, dan Curry cedera patah pergelangan tangan di awal musim. Tetapi Smith berharap itu tidak terjadi lagi musim depan.

Steve Kerr tentu sudah menyiapkan semuanya. Dia tidak mau bila kejadian serupa menimpa mereka. Oleh karena itu, Warriors menyiapkan Andrew Wiggins untuk menambah kekuatan barisan garda. Mereka juga punya Draft Pick No.2, yang bisa dimanfaatkan untuk menambal kekurangan tim. (tor)

Foto: Denver Post

Komentar