IBL

NBA 2020-2021 akan dimulai 22 Desember nanti. Namun Dallas Mavericks belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di awal musim. Kristaps Porzingis diperkirakan absen hingga akhir Januari 2021 mendatang.

Perkiraan tersebut berdasarkan perkembangan cedera duet Luka Doncic tersebut. Pemain Latvia itu naik meja operasi pada awal Oktober 2020 lalu. Menurut situs berita Latvia, Jauns.lv, Porzingis harus menjalani rehabilitasi pasca-operasi selama tiga bulan. Waktu terdekat bagi Porzingis untuk kembali ke lapangan diperkirakan pada akhir bulan Januari 2021. Perkiraan tersebut sudah termasuk cedera yang pulih seratus persen, ditambah kondisi fisiknya siap tanding. Bila kurang dari waktu tersebut, maka risiko cedera jauh lebih besar dari sebelumnya.

Tampaknya bukan hanya Porzingis yang bakal absen di awal musim. Beberapa pemain veteran juga tidak bisa bermain di awal musim untuk menghindari risiko cedera. Faktor tersebut disebabkan karena kurangnya waktu istirahat setelah menjalankan musim yang berat.

NBA memulai liga lebih awal untuk memberi kesempatan para pemain membela negaranya di Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021. Khususnya untuk zona Eropa. Tapi hal itu tidak berpengaruh pada Porzingis. Karena Latvia tidak ikut bermain di turnamen tersebut. Porzingis adalah satu dari empat pemain asal Latvia yang bermain di NBA sekarang. Tiga nama lainya yaitu Davis Bertans, Rodions Kurucs, dan Anzejs Pasecniks.

NBA kemungkinan mengalami kerugian besar karena tidak bisa menghadirkan penonton ke arena. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagain kerugian dibebankan ke gaji pemain. Menurut ESPN, para pemain akan dipotong gajinya sebesar 18 persen. Porzingis juga tidak luput dari pemotongan tersebut. Gaji normal Porzingis sebesar AS$29,5 juta per tahun. Setelah dikurangi 18 persen, maka Porzingis akan menerima AS$24,2 juta musim ini.

Porzingis tampil 57 pertandingan di musim pertamanya bersama Mavericks. Dia mencetak rata-rata 20,4 poin, 9,5 rebound, dan 1,8 asis per gim. Sedangkan di babak playoff, Porzingis hanya tampil tiga gim dengan rata-rata 23,7 poin dan 8,7 rebound.

Baca Juga: Kecuali Doncic dan Porzingis, Seluruh Pemain Mavericks Tersedia untuk Pertukaran

Tetapi Porzingis beruntung karena dirinya dan Luka Doncic diberi jaminan oleh Mark Cuban. Mereka berdua tidak akan dilepas oleh Dallas Mavericks dengan alasan apa pun. Pada dasarnya Porzingis sudah diikat Mavericks selama lima tahun, dan baru berjalan satu tahun. Berbeda dengan Davis Bertans. Pemain yang juga berasal dari Latvia tersebut harus menerima kenyataan bahwa bayarannya akan berkurang musim depan. Belum lagi statusnya sebagai pemain bebas agen juga tidak menguntungkan. Kabarnya, Washington Wizards hanya memberi penawaran sebesar AS$13 juta kepada Bertans untuk perpanjangan kontrak. Padahal nilai yang diinginkan Bertans sebesar AS$15 juta per tahun. (tor)

Foto: star-telegram.com

Komentar