IBL

Setahun yang lalu, nasib Dwight Howard masih terombang-ambing di lautan pasar pemain bebas NBA 2019-2020. Sebagai seorang bigman yang masih bermain dengan cara konvensional, daya tarik Howard tak sekuat 5 – 10 tahun yang lalu. Apalagi dengan usia yang menginjak 34 tahun dan beberapa kali mendapatkan cedera, Howard seolah menuju akhir dari kariernya.

Namun, semua berubah setelah DeMarcus Cousins mengalami cedera ACL. Cousins yang sudah sepakat bermain untuk Lakers harus menjalani operasi dan waktu pemulihan cedera ACL akan memakan waktu yang cukup lama. Demi menambal lubang yang ditinggalkan Cousins, Lakers mengambil Howard dengan kontrak satu musim bernilai minimal AS$2,5 juta.

Di luar dugaan, kontrak ini seolah membuat Howard lahir kembali. Ia hadir untuk kali pertama di fasilitas latihan Lakers dengan tubuh prima. Seiring berjalannya waktu, Howard juga tak masalah bermain sebagai cadangan dan terus memberi kontribusi yang luar biasa sampai akhirnya Lakers dan Howard membawa pulang gelar juara NBA 2020.

(Baca juga: Pendewasaan Diri Seorang Dwight Howard)

Performa apik Howard ini membuat Lakers berniat mempertahankannya untuk musim depan atau bahkan lebih. Howard yang akan menjadi unrestricted free agent pun menyambut baik niat Lakers. Pun demikian, kabar terbaru dari The Athletic menyebutkan bahwa Golden State Warriors juga tertarik menggunakan jasa Howard untuk musim depan.

Warriors sendiri tampaknya sedang menimang segala opsi untuk melengkapi skuat mereka. Dengan sudah pulihnya Stephen Curry dan Klay Thompson dari cedera masing-masing plus Draymond Green serta Andrew Wiggins, Warriors memang masih menyediakan satu tempat di barisan utama. Satu tempat ini awalnya santer akan diisi ruki yang nanti mereka ambil. Akan tetapi, jika Howard yang bergabung, maka pertahanan Warriors bisa dipastikan keamanannya, terlebih lagi di area kunci.

Satu-satunya masalah jika melihat komposisi Warriors plus Howard adalah berkurangnya opsi penembak jarak jauh mereka. Baik Green dan Wiggins bukanlah pemain yang dikenal dengan akurasi jarak jauh mereka. Sedangkan Curry dan Thompson sudah pasti dijaga habis-habisan oleh lawan. Pun demikian, Warriors di bawah Steve Kerr selalu punya acara untuk membongkar serangan lawan dan Howard mungkin bisa menjadi kejutan untuk mereka. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar