IBL

Masa depan Anthony Davis tampaknya mulai terlihat. Seperti yang diperkirakan banyak pihak, Davis masih akan bertahan dengan Los Angeles Lakers yang baru saja ia antar meraih gelar juara. Namun, akan ada skema yang berbeda untuk Davis bertahan. Alih-alih mengambil "opsi pemain" dalam kontrak lamanya dengan New Orleans Pelicans yang bernilai AS$28,7 juta, Davis akan mencari kesepakatan kontrak baru dengan Lakers. Hal ini pertama kali dikabarkan oleh The Athletic.

Apa yang dilakukan oleh Davis bukanlah hal baru di NBA, utamanya untuk pemain yang baru saja meraih sebuah prestasi dengan timnya dan dalam masa akhir kontrak. Justru, hal ini memberi ruang gerak lebih banyak untuk tim dan pemain mencari kesepakatan terbaik mengarungi musim-musim ke depan. Davis yang tergabung dalam agensi pemain Klutch Sports akan diwakilkan oleh Rich Paul untuk negosiasi kontrak baru ini.

Dengan keputusan ini juga, Davis bisa lebih mengontrol masa depannya dengan Lakers. Ia bisa saja memlihi kontrak dua, tiga, atau bahkan empat tahun. Secara nominal pun, jika menggunakan proyeksi ruang gaji sebelum pandemi, bayaran terendah Davis adalah AS$34 juta, jauh lebih tinggi ketimbang ia meneruskan opsi pemain dari kontrak lamanya.

(Baca juga: Opsi Kontrak yang Bisa Ditawarkan Lakers untuk Anthony Davis)

Davis sendiri sebenarnya sudah sempat memberikan tanda bertahan di Lakers tak lama setelah memenangi gelar NBA. Tampil di Instagram Live Quinn Cook, Davis berujar bahwa ia ingin juara lagi musim depan dengan Lakers. Gelar dan dominasi Lakers sepanjang musim ini tampaknya terlalu sulit untuk dilewatkan begitu saja oleh alumnus University of Kentucky ini.

Kehadiran Davis membuat LeBron James bisa tetap bermain nyaman di musim ke-17 dan usia 35 tahun ini. Dengan tinggi sekitar tujuh kaki, Davis memiliki paket ketangkasan layaknya seorang garda atau forwarda dengan tinggi yang di bawahnya. Meski LeBron pulang dengan gelar MVP final, Davis sebenarnya juga layak mendapat apresiasi tinggi dengan catatan 25,0 poin, 10,7 rebound, 3,2 asis, 1,3 steal, dan 2,0 blok per gim selama melawan Miami Heat di final.

Duet Davis dan LeBron akan menjadi duet untuk ditaklukkan oleh 29 tim NBA lainnya. Namun, sebelum sampai ke musim baru, selain menunggu kesepakatannya terpenuhi, rasanya menarik untuk menanti apakah Davos dan LeBron jadi mengganti nomor punggung mereka? (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar