IBL

Belum genap seminggu Los Angeles Lakers menjadi juara NBA 2020, rumor-rumor mengenai kebersamaan tim ini untuk musim depan terus dipertanyakan. Secara kontrak, hanya ada delapan pemain Lakers yang pasti bertahan untuk musim depan, tujuh orang berstatus unrestricted free agent (kontrak cuma musim ini), dan tiga pemain memiliki kontrak "opsi pemain" (player option).

Buruknya, tiga nama yang dalam posisi opsi pemain adalah pemain yang memiliki peran sangat besar untuk keberhasilan tim. Mereka adalah Anthony Davis, Kentavious Caldwell-Pope, dan Rajon Rondo. Nama yang pertama disebut sempat secara tidak sengaja mengungkapkan bahwa ia akan bertahan dengan Lakers, tepat saat perayaan gelar juara di ruang ganti. KCP hingga kini belum bersuara sedangkan Rondo datang dengan laporan yang mengejutkan.

Dilansir oleh BasketballNews.com, sumber dalam Lakers menyebut bahwa Rondo akan menolak opsi pemain dan menjadi unrestricted free agent di pasar pemain bebas nanti. Opsi pemain yang dimiliki Rondo sendiri berniali AS$2,96 juta. Meski jika nantinya menolak opsi pemain, Rondo sebenarnya masih bisa kembali bermain untuk Lakers, bahkan dengan kontrak yang mungkin lebih besar.

(Baca juga: Rajon Rondo Tak Suka Julukan “Playoff Rondo”)

Di kesempatan terpisah, satu hari setelah juara, Rondo sempat berbincang dengan ESPN mengenai masa depannya. Pemain 34 tahun tersebut mendaku senang bisa bermain dan meraih gelar juara dengan Lakers. Namun, ada dorongan dalam dirinya untuk “tes ombak” di pasar pemain bebas nanti. Rondo tampaknya penasaran bagaimana tim-tim lain menilai dirinya sekarang.

“Saya jelas akan memberikan “hiburan” di pasar pemain bebas nanti,” terang Rondo. “Tentunya saya berpikir akan cukup keren rasanya bisa kembali bersama tim ini (Lakers) dan seluruh tim pelatih untuk mengulang prestasi kami. Saya juga tak bisa berhenti mengucapkan terima kasih atas semua kesempatan yang mereka berikan untuk saya dalam dua tahun terakhir. Sebuah perjalanan luar biasa bermain untuk organisasi ini,” pungkasnya.

Tanpa Rondo, Lakers rasanya akan cukup kesulitan melakukan rotasi. Kehadiran Rondo membuat Frank Vogel tak terlalu ambil pusing saat LeBron James mengambil waktu istirahat. Namun, jika nantinya Rondo benar-benar pergi, Lakers harus mencari cara menutup lubang besar yang ia tinggalkan. Bisa dengan meningkatkan kemampuan pemain yang ada atau mencari opsi lain di pasar. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar