IBL

Bergabungnya Anthony Davis ke Los Angeles Lakers dengan segala kisahnya menjadi salah satu bahan pembicaraan paling hangat di NBA selepas Final NBA 2019. Pertukaran yang melibatkan deretan pemain muda Lakers menyebrang ke New Orleans Pelicans menjadi awal cerita. Lantas, upaya Lakers mendatangkan satu bintang lainnya dan mengosongkan ruang gaji mereka menyusul seiring berjalannya waktu.

Deretan pertanyaan sempat muncul saat kepastian bergabungnya Davis diumumkan oleh berbagai media. Mulai dari apa motivasinya, bagaimana sejarah ia bermain dengan LeBron James, dan sebagainya. Namun, satu pertanyaan lain juga muncul terakit berapakah nomor punggung yang akan digunakan oleh Davis kala mengenakkan seragam emas dan ungu nantinya?

Pertanyaan itu akhirnya terjawab Kamis malam, 27 Juni 2019. Yahoo Sports melaporkan bahwa Davis tak akan berganti nomor punggung, ia akan kembali mengenakan nomor 23 di Lakers. Hal tersebut berarti bahwa James yang musim lalu mengenakkan nomor ini rela melepas nomor tersebut demi tandem barunya.

Hal ini akan membuat Davis total menghabiskan delapan musim terakhirnya dengan nomor punggung yang sama. Rinciannya, tujuh musim ia habiskan bersama Pelicans dan satu musim lainnya saat ia bermain di level kampus bersama University of Kentucky.

Seiring pergantian ini, publik pun menduga bahwa James akan kembali ke nomor favoritnya yang lain, nomor enam. Dugaan ini semakin diperkuat dengan unggahan terbarunya di media sosial. Baik di Twitter atau Instagram pribadinya, James hanya memberi keterangan nomor enam dan sebuah emoticon tangan berdoa (hands praying).

Nomor enam sendiri bukanlah nomor yang asing bagi James. Saat berpindah ke Miami Heat, ia juga menggunakan nomor ini. Di tim nasional Amerika Serikat pun, ia juga mengenakan nomor enam. Bahkan, setelah lepas dari Heat dan bermain untuk Cleveland Cavaliers hingga Lakers, James selalu menggunakan nomor punggung enam saat berlatih.

Beruntungnya, nomor enam bukanlah nomor yang dipensiunkan oleh Lakers. Sejauh ini, ada 11 nomor yang sudah dipensiunkan oleh Lakers, dua di antaranya (8 dan 24) milik Kobe Bryant. Sisanya, ada nomor milik Wilt Chamberlain (13), Elgin Baylor (22), Gail Goodrich (25), Magic Johnson (32), Kareem Abdul-Jabbar (33), Shaquille O’Neal (34), James Worthy (42), Jerry West (44), dan Jamal Wilkes (52). (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar