IBL

Dua pemusatan latihan sudah membuat pemain anyar Los Angeles Lakers, Dwight Howard, percaya diri menghadapi musim yang akan datang. Kepercayaan diri tersebut ia ungkapkan dalam perbincangan dengan SB Nation. Belum bicara juara, Dwight cukup yakin bahwa materi pemain Lakers sekarang sudah cukup bagus secara aspek bertahan.

“Saya rasa kami bisa menjadi tim dengan pertahanan terbaik musim depan,” Dwight berbicara dengan tegas. Apa yang diucapkan Dwight terasa masuk akal jika melihat sejarah prestasinya di NBA. Pemain berusia 33 tahun itu sudah tiga kali menjadi peraih gelar pemain bertahan terbaik NBA dan terpilih di All-Defensive Team sebanyak lima kali. Dari kacamatanya, mungkin Lakers benar-benar memiliki kemampuan bertahan yang baik.

“Bertahan itu tentang kemauan. Seberapa besar Anda ingin melakukanya. Jika Anda ingin menghentikan seorang pemain, maka Anda haurs melakukan segalanya untuk benar-benar melakukan itu. Itu adalah mentalitas yang harus kami bawa terus sepanjang musim dan menghadapi deretan pemain basket terbaik di dunia ini,” lanjutnya.

Ucapan Dwight ternyata diamini oleh Kepala Pelatih Lakers, Frank Vogel. Dalam wawancara terpisah, Frank mempercayai hal yang sama dengan Dwight. Namun, mantan pelatih Indiana Pacers dan Orlando Magic ini juga percaya bahwa setiap bagian tim harus bekerja keras demi mewujudkannya.

“Saya sama sekali tidak ragu atas ucapan tersebut. Ya, kami bisa menjadi tim bertahan terbaik di liga. Namun, saya rasa ini semua kembali kepada bagaimana saya menjaga mereka untuk tetap dalam kondisi terbaik sepanjang musim. Menyiapkan semua strategi permaianan dan semacamnya. Ini semua tentang komitmen dari kami semua untuk melalui seluruh 82 gim musim reguler,” ujarnya.

Musim lalu, Lakers menempati urutan ke-20 untuk aspek defensive rating dengan nilai 108,9. Pertahanan rapuh Lakers juga terlihat dari rata-rata 50,0 poin per gim lawan di area kunci mereka musim lalu. Lakers juga menjadi empat tim terburuk yang kemasukan poin dari pola fastbreak lawan dengan 15,9 poin per gim. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar