IBL

Jelang pemusatan latihan yang akan mereka gelar Selasa, 1 Oktober 2019, waktu setempat, Golden State Warriors berusaha memaksimalkan slot pemain mereka. Dimumkan melalui situs resmi NBA, Warriors baru saja memasukkan nama Marquese Chriss dalam skuat untuk pemusatan latihan. Chris mendapatkan kontrak satu tahun tanpa garansi.

Laporan lainnya dari San Francisco Chronicle menyebutkan bahwa peluang Chriss untuk menembus skuat musim reguler Warriors tidak cukup besar. Sejauh ini, Warriors sudah memiliki 13 pemain yang berada dalam kontrak garansi. Sementara skuat musim reguler nantinya akan diisi 15-16 pemain (sudah termasuk pemain yang berada dalam kontrak two-way).

Alfonzo McKinnie yang tampil mengesankan musim lalu besar kemungkinan akan mengisi spot ke-14. Hingga kini, McKinnie masih memiliki kontrak yang serupa dengan Chriss. Selain dua pemain ini, masih ada nama-nama seperti Jared Cunningham, Devyn Marble, Andrew Harrison, dan Juan Toscano-Anderson yang juga masuk dalam skuat pemusatan latihan.

Chriss adalah pemain yang terpilih di urutan kedelapan NBA Draft 2016. Meski dipilih oleh Sacramento Kings, Chriss tak pernah bermain untuk mereka. Di malam draft, ia langsung ditukar ke Phoenix Suns untuk tiga hak memilih yang berujung pada Bogdan Bogdanovic, Georgios Papagiannis, dan Skal Labissiere.

Di musim pertamanya, pemain berusia 22 tahun ini tampil cukup baik. Ia menunjukkan atletisme dan permainan yang energik untuk seorang berposisi forwarda. Torehan 9,2 poin dan 4,2 rebound per gim menempatkannya menutup musim sebagai bagian dari NBA All Rookie Second Team.

Namun, karier Chriss selanjutnya tidak sesuai ekpketasi. Catatan statistiknya terus menurun dan hal itu membuat kepercayaan pelatih kepadanya juga berkurang. Di musim 2017-2018, Suns memutuskan untuk tidak mengambil opsi tahun keempat kontrak ruki Chriss.

Keputusan tersebut membuat Suns memasukkan Chriss dalam paket pertukaran dengan Houston Rockets di Agustus 2018. Peruntungan Chriss dengan Rockets tak membaik, justru semakin memburuk. Ujungnya, ia kembali masuk paket pertukaran di hari penutupan ke Cleveland Cavaliers dan menghabiskan paruh kedua musim 2018-2019 di sana. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar