IBL

Golden State Warriors membangun sebuah dinasti dalam lima musim terakhir. Keberhasilan mereka selalu lolos ke final dan tiga kali gelar juara adalah dua hal yang semakin menguatkan dinasti penuh dominasi Warriors. Stephen Curry, Klay Thompson, Draymond, Green, dan Kevin Durant adalah empat nama tokoh utama dalam gelar-gelar tersebut. Namun, di luar keempat pemain tersebut, ada juga peran dua veteran yang krusial dalam diri Andre Iguodala dan Shaun Livingston.

Di pasar pemain bebas kali ini, Warriors melepas kedua pemain tersebut. Entah karena alasan peremajaan skuat atau lainnya, yang jelas kedua pemain itu tak lagi bersama tim. Andre ditukar ke Memphis Grizzlies sementara Shaun diputus kontrak oleh Warriors meski sebenarnya masih memiliki sisa satu musim kontrak.

Sebagai unrestricted free agent, Shaun memiliki kebebasan menentukan karirnya. Ia bisa bergabung dengan tim mana pun yang menginginkannya atau bahkan pensiun. Hal yang terakhir sempat terpikirkan oleh Shaun dan ia ungkapkan beberapa waktu lalu. Faktor usia dan raihan tiga gelar yang sudah ia dapatkan mungkin sudah membuatnya puas.

Namun ternyata, dalam sebuah gelaran latihan bersama anak-anak kecil di kota asalnya, Peoria, Illinois, Amerika Serikat, Shaun juga punya skenario lain tentang masa depannya. Kepada Peoria Journal Star, ia mengungkapkan masih ingin bermain satu musim lagi. Tak sampai di situ, bahkan ia punya bayangan Los Angeles Clippers adalah tim yang cocok menjadi tempat menutup karirnya.

“Itu akan menjadi hal yang luar biasa, skenario yang ideal,” bukanya. “Itu akan membuat perjalanan saya menjadi satu lingkaran penuh. Namun, ini semua kembali kepada Clippers. Jika ada tempat atau kesempatan untuk saya, ini mungkin akan menjadi hal yang masuk akal. Saya mendengar mereka juga tertarik, tapi sekali lagi ini semua kembali ke mereka, apakah mereka akan menarik “pelatuknya” atau tidak.”

Shaun dan Clippers bukanlah hal baru. Bahkan, Clippers adalah tim pertama yang dibela Shaun di NBA. Ia dipilih di urutan keempat NBA Draft 2004 oleh Clippers, langsung dari bangku SMA. Secara waktu, Shaun menghabiskan empat musim pertamanya di NBA bersama Clippers. Namun, yang benar-benar melibatkannya di pertandingan hanya tiga musim. Hal tersebut terjadi karena ia sempat terkena cedera lutut parah yang nyaris membuat kakinya diamputasi. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar