IBL

Cedera Achilles yang mendera Kevin Durant tak membuat cerita tentang dirinya surut. Meski diprediksi tak akan bermain di musim depan, masa depan MVP NBA musim 2013-2014 ini masih menjadi salah satu penyita perhatian terbesar di NBA sekarang.

Sedikit kepastian akhirnya didapatkan setelah pemain yang akrab dengan akronim KD ini menolak opsi pemainnya. Ya, KD memiliki opsi pemain pada kontrak terbarunya dengan Golden State Warriors yang ia tanda tangani musim panas tahun lalu. Kontrak berdurasi dua tahun tersebut menyertakan opsi pemain setelah tahun pertama. Jika KD menerima opsi itu, ia akan mendapatkan bayaran AS$31,5 juta. Jika menolak seperti sekarang, ia akan menjadi unrestricted free agent saat pasar pemain bebas dibuka.

Penolakan KD tak serta-merta membuatnya berpisah dengan Warriors. Mantan pemain Oklahoma City Thunder ini bisa saja kembali bergabung dengan Warriors bahkan dengan kontrak maksimal. Opsi ini akan membuat KD mendapatkan bayaran AS$221 juta dengan durasi selama lima musim.

Di sisi lain, penolakan ini juga memungkinkan ia untuk bergabung dengan semua tim NBA yang ia inginkan dan memenuhi keinginannya. Tim-tim seperti Los Angeles Clippers, Brooklyn Nets, dan New York Knicks menjadi tiga pelari terdepan untuk mendapatkannya karena ruang gaji yang sangat longgar yang mereka miliki. Jika bergabung dengan salah satu tim itu, maka bayaran maksimal KD adalah AS$164 juta dengan durasi empat tahun.

Dari tiga empat tim di atas, dua nama tim asal New York terakhir yang disebut diyakini menarik perhatian alumnus University of Texas. Hal ini semakin menjadi setelah laporan terakhir media-media Amerika Serikat menyebutkan bahwa KD sudah menjual rumahnya di daerah Malibu, California.

Jika Anda semua pahami, Malibu terletak di negara bagian yang sama dengan Oakland dan San Fransisco, markas lama dan baru dari Warriors. Laporan Los Angeles Times menyebutkan bahwa rumah yang menghadap langsung ke pantai tersebut dijual seharga AS$12,15 juta. Penjualan itu bisa dibilang penjualan untung mengingat KD membeli rumah tersebut seharga AS$12,05.

Di sisi lain, Bleacher Report mengabarkan bahwa KD baru saja membeli rumah di daerah New York. Dalam salah satu unggahan terbaru saudara kandung KD, Tony Durant, keduanya tampak sedang menghabiskan waktu di New York. Tak lama berselang, legenda Knicks, Charles Oakley, juga mengunggah fotonya bersam KD yang disertai dukungan atas cedera Sang Pemain.

 Memasuki pasar pemain bebas, rumor-rumor ke mana seorang pemain akan berlabuh memang semakin kencang. Apalagi, pemainnya berstatus sebagai dua kali juara NBA, satu kali peraih MVP, dan salah satu pemain menyerang terbaik yang pernah ada di NBA seperti KD. Berita tentang tim mana yang akan menjadi pelabuhan barunya akan terus kencang.

Dari sudut pandang saya, keputusan ke mana KD akan bergabung nantinya memang masih akan bergantung dengan transaksi tim itu sendiri di pasar pemain bebas. Katakanlah Warriors, jika mereka benar-benar rela membayar pajak kemewahan besar dengan memberi kontrak maksimal untuk Klay dan KD, kemungkinan besar KD akan kembali. Tetapi, jika nantinya Warriors meminta salah satu pemain untuk mengalah, maka pemain itu akan angkat kaki.

Meski dikaitkan dengan banyak pihak, Clippers sebenarnya tak punya ruang gaji yang cukup besar untuk mendatangkan dua bintang sekaligus dengan gaji maksimal. Sejauh ini sendiri, Clippers lebih condong mengerahkan tenaga mereka untuk Kawhi Leonard yang juga menjadi unrestricted free agent di musim panas ini.  

Per 27 Juni 2019, Clippers memiliki ruang gaji sebesar AS$56,5 juta. Andai Kawhi bergabung, yang pastinya dengan kontrak maksimal, maka KD atau pemain bebas level superstar lainnya jelas tak akan bergabung. Namun, jika Clippers berhasil menukar Danilo Gallinari sebelum pembukaan pasar pemain bebas dan gantinya tak memakan banyak ruang gaji, dua bintang bisa datang ke Clippers.

Knicks dan Nets sudah memiliki ruang gaji sebesar AS$71 juta. Jumlah yang cukup untuk mendatangkan dua pemain kelas superstar. Kedua tim ini juga terus dikaitkan dengan Kyrie Irving yang sampai sekarang belum menunjukkan kecenderungannya. Kemana Irving berlabuh sangat mungkin mempengaruhi keputusan KD.

Pasalnya, secara susunan pemain, bagi saya baik Knicks ataupun Nets sama-sama menjanjikan. Keduanya sama-sama dijejali pemain muda yang berbakat. Senter yang kuat dalam bertahan ada dalam diri Mitchell Robinson dan Jarrett Allen. Lalu ada pemain sayap kuat dalam diri Kevin Knox dan R.J. Barrett di Knicks dan Caris LeVert di sisi Nets.

Di area lapangan belakang, Knicks masih memiliki nama Dennis Smith Jr. yang baru berusia 21 tahun. Sebaliknya di Nets, jika Kyrie dan KD bergabung, dapat dipastikan mereka akan melepas D’Angelo Russell. Tanpa Russell, mereka masih memiliki Spencer Dinwiddie yang juga bisa mengemban peran besar meski dari bangku cadangan.

Di dua tim terakhir ini, KD juga bisa semakin mengembangkan sayapnya di dunia non-basket seiring besarnya kota New York. Sejauh ini, KD sendiri juga dikenal sebagai seorang investor di dunia bisnis. Dengan pasar yang luas di New York, ia bisa mengikuti jejak LeBron James dan Michael Jordan yang juga sukses di luar basket.

Selain itu, baik di Knicks atau Nets, ia juga akan berperan sebagai mentor untuk deretan pemain muda tersebut. Sebuah peran yang cukup baru mengingat dirinya selama ini berada dalam tim yang bisa dibilang nyaris “seumuran” dengannya.

Entah kepada tim mana pilihan KD nantinya, keputusan yang ia buat akan sangat mempengaruhi peta kekuatan NBA. Saya pribadi berharap dan memprediksi ia akan keluar dari Warriors lalu berpindah ke Wilayah Timur. Knicks atau Nets? Bagi saya sama saja, yang terpenting ke Wilayah Timur. Di sana, ia akan membuat persaingan Wilayah Timur semakin panas.

Foto: NBA

 

Komentar