IBL

Pandemi virus korona membuat tim-tim NBA menghemat pengeluaran. Ini yang menurut pengamat, akan menurunkan keseruan bursa pemain bebas agen musim depan. Walau begitu, masih ada opsi pertukaran pemain yang bisa menghebohkan.

Saat ini, beberapa pemain bintang belum mau bergeser dari timnya yang nyaman, seperti Giannis Antetokounmpo, Ben Simmons, Joel Embiid, dan Bradley Beal. Setidaknya untuk sekarang, mereka mengatakan tidak akan pindah tim. Tetapi masih ada beberapa nama besar yang bisa bergeser. Ada lima nama bintang besar yang bisa menghebohkan pertukaran pemain musim ini.

John Collins ke Golden State Warriors

Golden State Warriors mendapatkan: John Collins dan Kevin Huerter
Atlanta Hawks mendapatkan" Kevon Looney, Jordan Poole, dan tiket Draft Pick No.2

Kebangkitan Warriors musim depan menjadi isu panas di NBA. Mereka bisa kembali diperkuat oleh Stephen Curry dan Klay Thompson yang sehat, serta Draymond Green yang mudah-mudahan tidak pindah tim.

Untuk memperkuat roster. maka perlu ada nama-nama baru. Bukan pemain baru, tapi pemain yang sudah terbukti bisa berkontribusi besar terhadap permainan Warriors, seperti Collins dan Huerter.

Colins setiap malam menjadi pemasok poin yang bagus buat Hawks. Rata-rata setiap pertandingan musim ini, Collins mencetak 21,6 poin, dan 10,1 rebound. Pemain berusia 22 tahun itu punya akurasi tembakan tripoin di kisaran 40 persen. Sedangkan Huerter mengisi lembar statistik dengan akurasi tripoin 38 persen. Keduanya bisa menjadi pelapis Curry dan Thompson.

Sebaliknya, bagi Hawks, mereka bisa mencari pasangan yang sempurna untuk Trae Young. Bisa jadi Anthony Edwards atau LaMelo Ball, sebagai prospek nomor dua dalam Draft NBA 2020. Hawks harus segera melepaskan Collins bila tidak mau membayar kenaikan gaji karena kontrak profesional pertamanya. Collins sudah bukan pemain ruki lagi. Jadi Hawks harus menaikkan gajinya.

Sebagai gantinya, Hawks bisa mendapatkan Looney dan Poole. Looney berusia 24 tahun dengan flesibilitas pertahanan yang baik, dengankan Poole adalah pemain 21 tahun dengan kemampuan penguasaan bola yang bagus.

Buddy Hield ke Philadelphia 76ers

Philadelphia 76ers mendapatkan: Buddy Hield
Sacramento Kings mendapatkan: Al Horford, Darft Pick No. 34 (dari Atlanta Hawks), Draft Pick No. 36 (dari New York Knicks)

Sixers mencoba menepis isu perpisahan Ben Simmons dan Joel Embiid. Tetapi mereka perlu mendatangkan orang-orang baru untuk menambahkan kekuatan.

"Saya tidak ingin melepaskan Ben atau Joel," kata manajer Sixers, Elton Brand, menurut ESPN. "Saya ingin melengkapi mereka. Saya berusaha melakukan penyesuaian dengan gaya permainan Ben dan Joel."

Membuat roster yang sesuai dengan Ben dan Joel, berarti membuang Al Horford. Sebab pemain yang dikontrak AS$109 juta selama empat musim tersebut, tidak pernah cocok dengan dua bintang Sixers.

Sementara itu, Buddy Hield menilai Sacramento Kings tidak melaksanakan kesepakatan mereka. Hield akan punya bayaran senilai AS$86 juta musim depan. Tapi sebelum kontrak tersebut berlaku, Hield sudah diturunkan dari tim utama. Luke Walton tidak menyukai gaya permainannya.

Hield sangat cocok untuk Sixers. Mereka membutuhkan pemain yang bisa meningkatkan akurasi tembakan jarak jauh. Hield punya akurasi tembakan 41 persen. Sebaliknya, Horford mungkin bukan pilihan yang menguntungkan bagi Kings. Tetapi Horford bisa jadi mentor yang baik untuk Marvin Bagley III dan Richaun Holmes.

Jrue Holiday ke Denver Nuggets

Denver Nuggets mendapatkan: Jrue Holiday
New Orleans Pelicans mendapatkan: Gary Harris, Monte Morris, Bol Bol, pilihan pertama Draft 2021

Untuk saat ini, perdagangan yang melibatkan pemain Denver Nuggets bisa dibilang hal yang mustahil bagi sebagian orang. Terutama melihat performa mereka di playoff 2020. Roster Nuggets sudah solid, dan bisa dipertahankan untuk musim depan.

Nikola Jokic tetap jadi opsi serangan pertama, kemudian Jamal Murray di kemungkinan kedua, lalu selanjutnya Michael Porter Jr., kalau dirinya bisa terus konsisten. Oleh karena itu, Nuggets membutuhkan seseorang yang fokus dalam pertahanan. Kehadiran Jrue Holiday bisa menambah kekuatan di barisan pertahanan.

Pelicans ingin membangun tim baru. Mereka sudah punya Zion Williamson yang berusia 20 tahun dan Brandon Ingram yang masih berusia 23 tahun. Bila Pelicans ingin membuat tim baru sepeninggalan Anthony Davis, maka Holiday harus dilepas. Pelicans bisa mendapatkan pemain yang lebih muda.

Perdagangan dengan Nuggets menguntungkan Pelicans. Mereka bisa mendapatkan Gary Harris yang masih muda dan punya kemampuan akurasi tripoin di kisaran 40 persen. Sedangkan Monte Morris bisa memberi Pelicans pilihan pengatur serangan.

Victor Oladipo ke Minnesota Timberwolves

Minnesota Timberwolves mendapatkan: Victor Oladipo
Indiana Pacers mendapatkan: James Johnson, Jerrett Culter, dan Pick No.1

Timberwolves mendapatkan tiket Pick No. 1 di Draft NBA 2020. Memang menghebohkan, tapi bisa jadi tidak memberi banyak perubahan bila mereka tetap mengambil pemain baru tersebut. Timberwolves butuh seseorang yang sudah jadi untuk bisa memberi bantuan kepada Karl-Anthony Towns dan D'Angelo Russell.

Dengan asumsi sehat seratus persen, Victor Oladipo bisa jadi pilihan tepat bagi Timberwolves. Oladipo adalah tipe pemain menyerang, dan jarang melakukan tembakan. Sedangkan, Towns dan Russell punya akurasi tembakan yang baik. Kombinasi ketiga pemain ini bisa membuat Timberwolves semakin kuat.

Alasan munculnya nama Oladipo adalah pernyataan Sam Amick dari The Athletic. Menurutnya, manajemen Pacers tidak ingin membayar pemain dengan harga mahal, tetapi punya riwayat cedera di masa lalu. Risiko cedera Oladipo bisa menjadi pertimbangan Pacers melepasnya sebelum pemain tersebut masuk bursa pemain bebas agen pada tahun 2021.

Pacers lebih suka mendapatkan pemain baru yang lebih muda. Pilihan pertama dalam Draft NBA 2020 bisa jadi alternatif. Apalagi Pacers ingin bintang yang lebih tenar. Ini untuk kepentingan bisnis mereka.

Chris Paul ke Milwaukee Bucks

Milwaukee Bucks mendapatkan: Chris Paul
Oklahoma City Thunder mendapatkan: Eric Bledsoe, George Hill, Ersan Ilyasova, DJ Wilson, dan Pick No. 24 (dari Indiana Pacers)

Milwaukee Bucks gagal meyakinkan Giannis Antetokounmpo untuk menandatangani perpanjangan kontrak maksimal. Bucks juga gugur di putaran kedua playoff NBA setelah kalah lima gim dari Miami Heat. Pilihan Bucks sekarang adalah mempertaruhkan semua uang mereka untuk memberi peluang juara lebih besar.

"Kami akan menghabiskan uang kami untuk memberi peluang juara lebih besar," kata Gubernur Bucks, Marc Lasry.

Mendatangkan Chris Paul dari OKC Thunder, akan menyedot anggaran Bucks sebesar AS$41,4 juta per musim. Uang yang besar untuk pemain berusia 35 tahun. Tetapi Bucks butuh garda yang berpengalaman untuk menghindarkan mereka dari jebakan playoff yang menyakitkan. Tim-tim NBA lain, seperti berubah bentuk ketika playoff berlangsung. Ini yang membuat Bucks ketakutan.

Bagi Thunder, mereka bisa saja mempertahankan Paul. Tetapi, Thunder butuh banyak pemain untuk mengisi rosternya. Sebab, beberapa pemain akan berstatus bebas agen. Jadi menukar CP3 dengan banyak pemain, jadi hal yang paling masuk akal bagi Thunder. Apalagi, Bucks menawarkan pemain seperti Bledsoe, Hill, dan Ilyasova.

Inilah kemungkinan-kemungkinan pertukaran pemain yang bisa terjadi musim ini. NBA akan memulai Draft pada 18 November, selajutnya, bursa pemain bebas agen dibuka. (tor)

Foto: NBA

Komentar