IBL

Playoff NBA 2020 langsung dibuka dengan tensi tinggi. Duel antara Denver Nuggets dan Utah Jazz yang tersaji pada Senin, 17 Agustus 2020, waktu setempat, harus berakhir mealui tambahan waktu. Di empat kuarter pertandingan, kedua tim saling bergantian unggul hingga berakhir sama kuat di angka 115. Di tambahan waktu, Nuggets mencetak 20 poin sedangkan Jazz hanya 10 poin. Ditambah dengan empat turnover yang Jazz buat di lima menit tambahan waktu ini, Nuggets akhirnya menutup gim dengan kemenangan 135-125.

Pemain terbaik di gim ini sebenarnya adalah Donovan Mitchell. Tanpa kehadiran Mike Conley yang absen lantaran kelahiran anaknya, Mitchell mengambil alih tugas pembawa bola utama tim. Selama 43 menit di lapangan, ia mencetak 57 poin, 9 rebound, dan 7 asis. Ia memasukkan 58 persen tembakannya (19/33) dan sempurna 13/13 dari tembakan gratis.

Sayangnya, kecemerlangan Mitchell harus ditutup fakta bahwa Jazz tampil lebih efektif dalam menyerang secara tim. Meski mayoritas tembakan datang dari dua bintang utama mereka, Jamal Murray dan Nikola Jokic, Nuggets secara tim berhasil memasukkan 22/41 tripoin (54 persen). Akurasi yang sangat baik ini berhasil menutupi buruknya rebound Nuggets yang kalah 41 berbanding 52 dari Jazz. Jazz sendiri meraup 16 offensive rebound di gim ini.

Murray menjadi top skor Nuggets dengan 36 poin, 5 rebound, dan 9 asis. Sebanyak 20 dari keseluruhan poinnya ia cetak di kuarter empat dan tambahan waktu. Murray juga berperan dengan mencetak angka atau memberi asis dalam 16 poin dari 20 poin Nuggets di tambahan waktu. Murray memasukkan 6/9 tripoin (67 persen).

Jokic mengikuti dengan dobel-dobel 29 poin dan 10 rebound. Jokic juga cukup akurat dari belakang garis busur dengan 57 persen (4/7). Sumbangsih besar diberikan Jerami Grant dan Monte Morris. Sama-sama memulai gim dari bangku cadangan, Grant mencetak 19 poin sedangkan Morris 14 poin. Ruki, Michael Porter Jr. yang jadi pemain utama menambahkan 13 poin dan 8 rebound sedangkan Torrey Craig menutup daftar dengan 11 poin.

Mitchell tak memiliki terlalu banyak bantuan. Joe Ingles mencetak 19 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Rudy Gobert 17 poin dan 7 rebound sedangkan Jordan Clarkson 18 poin, 4 rebound, dan 3 asis dari bangku cadangan. Di luar Clarkson, bangku cadangan Jazz hanya menambahkan delapan poin, tujuh dari Georges Niang dan satu poin dari Emmanuel Mudiay.

Hasil ini membuat Nuggets kini unggul agregat (1-0). Kedua tim akan kembali bermain lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar