IBL

Tidak ada kembang api untuk merayakan keberhasilan Denver Nuggets menyingkirkan Utah Jazz di Gim 7 Playoff NBA Putaran Pertama. Nuggets menang dengan skor tipis 80-78 di gim do-or-die pertama di tempat yang netral, Selasa, 1 September waktu setempat. Nuggets berhasil melaju ke Semifinal Wilayah Barat, setelah sebelumnya tertinggal 1-3 di seri ini.

Setelah enam pertandingan yang ditandai rekor-rekor bersejarah dari Jamal Murray dan Donovan Mitchell, Nuggets pun berhasil melaku ke babak semifinal. Pertandingan ini berlangsung sengit, karena tidak sampai menyentuh 100 poin.

Bintang Nuggets, Jamal Murray juga tidak bisa mencetak poin fantastis seperti sebelumnya. Murray membantu timnya dengan menyumbang 17 poin di gim ini. Sementara poin tertinggi dicetak oleh Nikola Jokic dengan 30 poin dan 14 rebound. Sedangkan Michael Porter Jr. mencetak 10 poin.

Pertahanan Jazz fokus pada strategi memperlambat Murray, namun mereka meninggalkan lubang di tengah. Nuggets melihat itu sebagai sebuah kesempatan, dan memaksimalkan peran Nikola Jokic.

Skor sempat imbang 78 sama di sisa 47 detik, setelah Rudy Gobert mencetak alley oop dunk. Jokic kembali dimasukkan menggantikan Plumlee yang dimaksudkan untuk membantu pertahanan. Kali ini Jokic berhasil memasukkan hook shot di sisa waktu 27 detik. Nuggets memimpin 80-78.

Upaya Jazz di delapan detik gagal digagalkan Gary Harris. Ia mampu mencuri bola yang dikuasai oleh Donovan Mitchell. Sebelum buzzer, Mike Conley juga mendapatkan kesempatan terakhir, tapi gagal. Mitchell sangat terpukul karena 22 poin yang dicetak di laga ini tidak membawa kemenangan bagi timnya. Rudy Gobert menyumbang 19 poin dan 18 rebound, lalu Jordan Clarkson mencetak 10 poin.

Denver Nuggets menjadi tim ke-12 dalam sejarah NBA yang memenangkan gim ketujuh setelah sempat tertinggal 1-3 di seri playoff. Tim yang juga pernah mencetak rekor yang sama adalah Cleveland Cavaliers di Final NBA 2016, yang melibatkan persaingan panas LeBron James dan Stephen Curry.

Sementara itu, di Semifinal Wilayah Barat, Nuggets akan bertemu LA Clippers. Pertandingan pertama antara kedua tim akan berlangsung Kamis, 3 September mendatang. (tor)

Foto: NBA

Komentar