IBL

Utah Jazz bermain seperti sedang melakukan latihan dalam gim ketiga putaran pertama playoff melawan Denver Nuggets, Jumat, 21 Agustus 2020, waktu setempat. Pertahanan Nuggets yang amburadul dan tampak kebingungan sepanjang gim membuat Jazz leluasa menemukan ruang-ruang tembak terbaik mereka. Keunggulan 11 poin di akhir kuarter pertama terus meningkat hingga 30 poin di kuarter tiga dan sempat 39 poin di pertengahan kuarter empat. Jazz sendiri akhirnya membawa pulang kemenangan dengan selisih 37 poin, 124-87.

Bukti nyata hancurnya pertahanan Nuggets adalah tingginya akurasi tembakan Jazz. Pasukan Quinn Snyder memasukkan 18/37 tripoin (49 persen) dan 51 persen (43/84) secara keseluruhan. Tak sampai di situ, buruknya pertahanan Nuggets juga terlihat dari total 26 kali tembakan gratis yang didapatkan Jazz. Jarak bisa semakin jauh andai Jazz bisa memaksimalkan lebih baik tembakan gratis mereka yang di gim ini hanya 77 persen (20 kali masuk).

Mike Conley yang absen di dua gim awal karena harus menemani persalainan istrinya kembali dan langsung jadi top skor dengan 27 poin selama 25 menit. Conley memasukkan 7/8 tripoin (87 persen). Rudy Gobert menyusul dengan dobel-dobel 24 poin dan 14 rebound sedangkan Donovan Mitchell menambahkan 20 poin.

(Baca juga: Akurasi Luar Biasa, Jazz Samakan Kedudukan dengan Nuggets)

Sumbangsih besar datang dari dua pemain cadangan Jazz. Georges Niang mencetak 16 poin dan 2 rebound selama 16 menit saja. Niang juga cukup tajam dari tripoin dengan akurasi mencapai 67 persen (4/6). Tambahan lainnya datang dari Jordan Clarkson yang mencetak 11 poin, 3 rebound, 4 asis, dan 2 steal selama 24 menit. Jazz menurunkan 13 pemain di gim ini dan semuanya mencetak poin.

Kekalahan sebesar ini tentu tak datang dari pertahanan buruk saja. Serangan Nuggets juga tak menunjukkan perbaikan sejak gim kedua terbukti dengan hanya tiga pemain yang mencetak dua digit angka, itupun tak ada yang lebih dari 15 poin. Nikola Jokic adalah pemain tersebut dengan 15 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Jamal Murray menorehkan rebound dan asis yang serupa tapi hanya dengan 12 poin. Bol Bol yang bermain di kuarter empat saja saat seluruh pemain utama sudah istirahat mencetak 11 poin selama 9 menit.

Hasil ini membuat Jazz kini membalik keadaan dan unggul (2-1). Gim keempat akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar