IBL

Pemain Dallas Mavericks, Luka Doncic bisa dibilang salah satu talenta muda yang bagus di NBA. Ia juga pemain yang paling menarik untuk ditonton di liga saat ini. Setelah menandatangani kontrak dengan Jordan Brand, bulan Desember lalu, akhir Doncic punya sepatu khas (signature). Bukan untuk tampil saat pertandingan, namun dipakai sebelum pertandingan.

Nama dagang sepatu ini adalah AJ1 Mid "Mindfulness". Tetapi memang ini khusus dibuat untuk Luka Doncic. Ternyata banyak keistimewaan yang terdapat dalam sepatu ini.

Salah satunya adalah bukan sepatu untuk bertanding. Ini memang aneh. Rata-rata bila pemain sudah menandatangani kontrak dengan merek tertentu, maka langsung mendapatkan sepatu untuk tampil di lapangan. Berbeda dengan Doncic yang malah dapat sepatu pre-game.

Hal itu ternyata ada hubungannya dengan ritual sebelum pertandingan. Banyak atlet hebat masih percaya bahwa kebiasaan mereka sebelum bertanding bisa membawa keberuntungan. Ambil saja contoh LeBron James yang melempar kapur di meja pertandingan sebelum pertandingan dimulai.

Ternyata Doncic juga sama. Ia punya ritual memakai sepatu yang berbeda saat pemanasan dan ketika pertandingan sudah dimulai. Berdasarkan ritual tersebut, Jordan Brand akhirnya memutuskan untuk memberikan sepatu AJ1 Mid "Mindfulness" pada Luka Doncic.

Ada unsur bisnis yang disematkan dalam sepatu ini. AJ1 Mid sudah lama ditinggalkan komunitas sneakers. Oleh karena itu, Jordan Brand ingin kembali membangkitkan nostalgia, serta mendorong varian ini kembali digemari pecinta sneakers.

Sepatu ini berwarna putih bersih dengan aksen biru dan hijau. Ketika memandang sepatu ini, seperti ada ketenangan dalam hati. Itu juga menggambarkan gaya bermain Doncic di lapangan. Di bagian lidah sepatu terdapat tulisan Nike Hoops, Since 1972. Disitu juga ditambahkan gambar bola basket. Sisi menarik lainnya adalah mantra yang dicetak di bagian belakang. Tulisannya "Breathe & Center" di bagian kiri, dan "Center & Breathe" di bagian kanan.

Sepatu AJ 1 Mid "Mindfulness" sudah dilepas ke pasaran sejak awal April 2020. Sayangnya, karena NBA masih ditunda, maka sepatu ini belum bisa dilihat di lapangan bersama Luka Doncic. (tor)

 

Foto: nike.com

Komentar